Ditegur Dokter Soal Endorse Obat Mata, Ria Ricis: Sudah BPOM

Foto:   Ditegur Dokter Soal Endorse Obat Mata, Ria Ricis: Sudah BPOM Instagram
WowKeren dan Kanal247


Dalam penjelasannya, Ria Ricis mengungkapkan jika barang yang dia promosikan melalui Instagram pribadinya itu telah melewati proses penyaringan serta mendapat lisensi BPOM.

Kanal247.com - Setelah sempat diprotes oleh seorang dokter mata spesialis lasik yang bernama dr. Ferdiriva Hamzah, kini Ria Ricis memberikan klarifikasinya. Dalam klarifikasinya itu, Ria Ricis berusaha menjelaskan tentang produk nutrisi kesehatan mata yang diendorsenya beberapa waktu lalu.


Baca juga ...

Produk yang diendorse Ria Ricis itu adalah nutrisi untuk mengurangi mata minus. dr. Ferdirivia sendiri melayangkan teguran kepada Ria Ricis, bahkan mengancam akan melaporkan hal tersebut ke Persatuan Dokter Mata Indonesia atai Perdami. Kekesalan itu dilayangkannya kepada Ria Ricis melalui akin Twwitternya.

Dalam penjelasannya, Ria Ricis menegaskan jika dia tidak pernah sembarangan menerima barang endorse. YouTuber sekaligus pebisnis muda ini juga menuturkan jika dirinya selalu berhati-hati dalam mempromosikan sebuah produk atau suatu hal di akun media sosialnya.

Ria Ricis juga menyebutkan jika nutrisi mata yang dipromosikannya itu telah melewati proses penyaringan. Sebelum menerima tawaran endorse pun Ria Ricis menegaskan jika dirinya memastikan produk tersebut lulus persyaratan tertentu.

"Itu online shop yang endorse kita. Karena kita cuman tanda tangan MoU, nah barangnya ada BPOM apa nggak," jelas Ria Ricis di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Oktober. "Ternyata barang-barangnya sudah BPOM, (makanya) berani untuk promoin. Sudah jelas ada BPOM nya, mungkin soal ini lebih ke brandnya ya," jelas Ria Ricis lagi.

"Aku selalu hati-hati menerima barang yang akan kami promosiin. Manajemen melihat dari BPOMnya," lanjut Ria Ricis. "Kita ada produk sendiri juga kan. Kalau nggak ada BPOM bisa kita promosiin, (maksudnya) kalau nggak ada kita bantu insya allah," pungkasnya.

Sebelumnya, dr. Ferdirivia menyebut Ria Ricis telah mempromosikan nutrisi yang belum diketahui kevalidannya karena para dokter mata sendiri belum menemukan ada zat yang bisa memulihkan mata minus dalam waktu singkat.

"Ria Ricis ini tetap ya promosiin nutrisi untuk mengurangi minus mata padahal sudah jelas belum ada jurnal yang membuktikan minum vitamin dapat mengurangi minus/silinder/plus," tulis dr Ferdirivia di akun Twitter pribadinya.

Rencana dr. Ferdirivia yang akan melaporkan Ria Ricis ke Persatuan Dokter Mata Indonesia atau Perdami dilakukan karena dia merasa ilmu kedokteran yang sudah disosialisasikan ke masyarakat menjadi terasa percuma. "Tak laporin PERDAMI aja apa ya," tulis dokter itu lagi.

Menurut dr. Ferdirivia, kekesalannya itu bukan tanpa alasan. Dia ingin meluruskan kekeliruan yang terjadi demi pengetahuan masyarakat soal kesehatan mata. "Gue sih kalo untuk memerangi hoax kesehatan gak bakal capek gue ladenin. Kasian pasien banyak yang tertipu," jelasnya.

Tidak lama setelah teguran itu, Ria Ricis telah menghapus iklan yang diprotes tersebut. "Alhamdulillah udah dihapus iklannya. Terima kasih," tulisnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel