Pasca Meninggalnya Sulli, Kim Dong Wan Shinhwa Kritisi Perawatan Kesehatan Mental Artis Korea

Foto: Pasca Meninggalnya Sulli, Kim Dong Wan Shinhwa Kritisi Perawatan Kesehatan Mental Artis Korea Naver



Meninggalnya Sulli tak hanya menjadi duka mendalam namun juga membuat beberapa pihak miris. Kim Dong Wan Shinhwa mengunggah postingan yang mengkritik keras perawatan kesehatan mental di industri hiburan Korea.

Kanal247.com - Meninggalnya mantan member f(x), Sulli menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak. Tak hanya pihak keluarga dan sahabat, ribuan penggemar artis 25 tahun itu juga terus membanjiri media sosial dengan ucapan belasungkawa. Sulli diduga mengakhiri hidupnya karena mengidap depresi.

Terkait dengan kabar duka ini akhirnya salah satu member Shinhwa yakni Kim Dong Wan buka suara. Kim Dong Wan sendiri merupakan mantan trainee sekaligus artis dari SM Entertainment.

Ia memberikan kritikan keras terhadap perawatan kesehatan mental kalangan artis di industri hiburan Korea Selatan. Utamanya unutuk agensi besar disana. Hal ini merujuk pada tuntutan dari pihak agensi yang menginginkan artisnya tetap dalam performa terbaiknyta meskipun usianya sudah tak lagi muda.

"Ketika media tumbuh lebih besar dan seiring dengan semakin besarnya industri hiburan, ada satu sisi yang lebih dibutuhkan dibanding lainnya, begitu pula sebaliknya," tulisnya. "Bahkan dalam kondisi yang keras di mana orang-orang muda tidak dapat makan dengan benar atau tidur dengan benar, semakin banyak orang dewasa menuntut agar mereka menunjukkan senyum yang cerah dan sehat. Anda harus seksi, tetapi Anda tidak bisa berhubungan seks. Anda harus tegar, tetapi Anda tidak bisa bertarung dengan siapa pun. Inilah yang dituntut dari mereka".

Baca juga ...

Pasca Meninggalnya Sulli, Kim Dong Wan Shinhwa Kritisi Perawatan Kesehatan Mental Artis Korea

Instagram

Menurut Dong Wan saat ini banyak artis yang tengah berjuang dengan diri mereka sendiri. Mereka melawan rasa sakit yang dipendam dalam hati dan terus bekerja layaknya tidak pernah menerima tekanan apapun demi popularitas mereka sendiri.

"Banyak hoobae (artis junior) saat ini sedang berjuang dalam diri mereka sendiri, memperdebatkan seberapa banyak penyakit yang dapat mereka tanggung dalam hati mereka dan terus bekerja, semua demi kebaikan, uang dan ketenaran," lanjut Dong Wan. "Kita tidak boleh gagal untuk melihat betapa mudahnya tindakan malas dari perusahaan hiburan besar dapat menjadi tuan rumah dari virus menular yang dapat menyebar secara instan."

Meninggalnya Sulli bukan menjadi kasus pertama artis SM Entertainment yang meninggal karena dugaan bunuh dari. Dua tahun lalu Jonghyun SHINee yang juga artis mereka memilih mengakhiri hidupnya dengan menghirup briket batubara.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel