Terungkap Isi Kontrak 5 Tahun X1, Sangat Merugikan Pihak Member?

Foto: Terungkap Isi Kontrak 5 Tahun X1, Sangat Merugikan Pihak Member? 1stlook
WowKeren dan Kanal247


X1 dikontrak oleh pihak CJ ENM selama 5 tahun, Tahun yang lebih panjang dari kontrak ajang survival sebelumnya. Isi kontrak X1 yang baru ini terungkap menuai komentar miring netizen.

Kanal247.com - Seperti yang diketahui grup pemenang ajang survival "Produce X 101" akan dikontrak selama 5 tahun. Grup X1 sendiri sudah menandatangani kontrak in sudah sudah menjalani serangkaian jadwal mereka.


Baca juga ...

Dari awal sudah disebutkan bahwa Kim Woo Seok cs akan aktif sebagai member X1 selama 2,5 tahun kedepan. Sementara itu, para member baru diperbolehkan untuk jalani aktivitas yang dibuat agensi masing-masing pada 2,5 tahun sisanya.

Baru-baru ini terungkap isi kontrak X1 dan ramai diperbincangkan di forum online. Dari penjelasannya terlihat bahwa kontrak X1 akan berjalan selama 5 tahun atau tepatnya 60 bulan.

Sejak menjual album pertama, untuk selaam 2,5 tahun mereka harus promosi sebagai member grup. Setelah 2,5 tahun, mereka boleh melakukan promosi sebagai grup member termasuk aktivitas pribadi 'Byung'.

Namun, 'Byung' mungkin tidak melakukan dua hal dalam waktu bersamaan, tapi hanya member grup sesuai waktu yang diinstruksikan oleh 'Gab'.

X1

Sumber: pannchoa

Keterangannya tertulis bahwa dalam kontrak Korea, orang yang berada di dalam kontrak disebut 'Byung' dan 'Gab'. Urutannya biasanya Gab>Eul>Byung>Jung dan lainnya. Dalam kasus ini, Gab mungkin dimaksud sebagai agensi dan Byung adalah member. Gab memiliki tingkat senior lebih tinggi dari Byung.

"Karena kami bukan 'Eul' tapi 'Byung', kami harus lebih tunduk dan harus melakukan yang lebih baik. Aku penasaran apa yang akan terjadi jika kami berada di sisi buruk mereka jadi kami harus berhati-hati," ujar A trainee dari Produce X.

Penyampaian konten pun dianggap tidak adil. Entah lagu yang dirilis akan sukses atau tidak, agensi hanya akan mendapatkan 1 juta Won sekitar Rp 10 juta, namun semua profit tambahan akan diterima CJ ENM. Melihat kondisi yang tidak adil, banyak agensi yang meminta trainee mundur dari program.

"Sampai titik ini, bisa dibilang Choi Byungchan kabur? Bukankah agensinya sangat pintar?" kata netter. "Kalau kalian Oneit, kalian harus menentang ini. Berapa banyak mereka dibayar? Agensi tak peduli dengan member dan menerima semua kebencian karena imej program. Mereka bahkan tidak dibayar dengan adil," lanjut netter.

"Bukankah ini hampir seperti kontrak budak?" celetuk netter. "Apa kalian lihat seperti apa kondisi Han Seung Woo hari ini? Oneit, Apa kalian ingin idola kalian tak dipedulikan dan tidak dibayar? Sadarlah!" tambah yang lain.

Komentar Anda

Tags

x1

Rekomendasi Artikel

Loading...