Putra Masih Kecil Mahir Gendong Bayi, Ratna Galih Bagi Pengalaman Jadi Ibu 5 Anak

Foto: Putra Masih Kecil Mahir Gendong Bayi, Ratna Galih Bagi Pengalaman Jadi Ibu 5 Anak Instagram
WowKeren dan Kanal247


Ratna Galih membagikan potret bahagia keluarga kecilnya bersama suami dan kelima buah hati. Dikaruniai bayi kembar pada bulan Juli lalu, Ratna pun menceritakan kehidupannya usai dikaruniai 5 anak.

Kanal247.com - Ratna Galih telah dikaruniai bayi kembar laki-laki dan perempuan pada 5 Juli 2019 lalu. Kini, bintang sinetron "Cinta Yang Hilang" itu tengah menikmati pengalannya sebagai ibu lima anak. Ya, sebelum si kembar lahir, Ratna dan Muhammad Sawkani Jamhuri sang suami lebih dulu dikaruniai tiga putra. Mereka adalah Shelby, Madiba dan Benjamin.


Baca juga ...

Belum lama ini, Ratna membagikan potret lengkap keluarga kecilnya bersama suami dan kelima anaknya ke Instagram. Mantan kekasih Raffi Ahmad itu juga sempat meceritaka mengenai si bungsu yang meski masih kecil, namun mahir menggendong adik bayinya.

Meski putra sulungnya dinilai sudah mahir, namun Ratna mengaku masih deg-degan. Bukan hanya cara gendongnya yang berbeda dengan si ibu, Ratna juga deg-degan perihal kontrol emosi anak pertamanya

"Deg degan ga sih liat shelby gendong bayi... ya iya lah, namanya juga masih kecil.. tapi sebenernya dia udh bisa gendong, cumanya liatnya serem aja.." tulis Ratna. "Apalagi cara gendongnya beda sama kita, dia lebih nyaman gendong dengan caranya dia (lebih kepegang babynya) katanyaaa.. blm lagi deg2an karna kontrolnya belum maksimal kaya kita."

Sadar memiliki banyak momongan, Ratna dan suami sedini mungkin mengajari anak yang sudah besar mengenai tanggung jawab membantu orang tua. Itulah yang sedang Ratna terapkan pada Shelby dan merasakan sendiri efeknya namun tetap harus dalam pengawasan.

"Tapi sedini mungkin memang harus belajar karna ya banyak adenya.. kadang emang mommy butuh bantuan mereka buat jaga ade2nya..." lanjut Ratna. "Tanya orang dulu gimana caranya jaga anak banyak.. katanya ya memang kita harus ajarin anak2 yg udh gede dan kasih tanggung jawab.. mostly kakak yg paling tua yang bantuin ibunya... itu juga yg aku rasain dan terapin, tapi harus selalu dalem pengawasan kita."

Lebih lanjut, memiliki banyak anak bukan berarti membuat Ratna merasa sudah menjadi ibu sempurna. Terkadang, ia masih mendengar ocehan orang lain yang dikira tidak mengurus anak-anaknya saat salah satu buah hati menangis. Maka dari itu, penting menurut Ratna, mengajari anak bungsu untuk menjaga adik-adiknya meskipun diakui masih menakutkan.

"There is no way we can be 'perfect mom' kadang ada yg komentar itu anaknya nangis kok di diemin.. ya namanya juga tangan cuma 2, ga bisa gendong sekaligus.. paling cuma bisa mengucap cup cup cup..." sambung Ratna. "Mau anak 1 atau 2 atau banyak pun kita ga bisa jadi yang tebaik, tapi cukup berusaha memberikan yg terbaik semampu kita.. dan kemampuan ibu pun ber beda beda.. jadi buat yg mau komen ga takut yah anaknya gendong bayi... well takut banget cuy, tapi kita pun harus memberikan kepercayaan sAma anak kita.."

Karena bagi wanita 31 tahun ini, keluarga berhasil adalah, seluruh anggota yang mau saling membantu satu sama lain. Oleh sebab itu, anak-anak yang sudah cukup dewasa pun tidak akan merasakan yang namanya kasih sayang dicuri si adik.

"Keluarga yg berhasil menurut aku yg semua terlibat dan saling membantu.. menurut aku loh yah.." pungkas Ratna. "Jadi kakak2 nya tidak merasa si bayi mendapatkan perlakuan special krn mereka tau memang bayi membutuhkan special treatment krn merekapun terlibat dalam proses mengasuh nya itu..."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...