Hobi Kuliner Tapi Takut Gemuk? Ikuti 8 Taktik Sederhana Ini Agar Berat Badan Terjaga

Foto: Hobi Kuliner Tapi Takut Gemuk? Ikuti 8 Taktik Sederhana Ini Agar Berat Badan Terjaga pinterest
WowKeren dan Kanal247


Memiliki kegemaran untuk mencoba berbagai makanan enak tapi takut gemuk? Jangan khawatir, cukup ikuti tips-tips sederhana ini agar terhindar dari berat badan naik.

Kanal247.com - Kuliner memang menjadi kegemaran banyak orang. Apalagi dengan banyaknya makanan-makanan menarik yang tersebar melalui sosial media. Tidak heran jika para penggila makanan semakin tergoda untuk kuliner dibanding sebelumnya.

Baca juga ...


Namun, sebagian orang tentu memikirkan masak-masak sebelum akhirnya memutuskan pergi kuliner. Khususnya untuk orang-orang yang sedang menjaga berat badannya atau enggan menjadi gemuk. Harapan makan masakan enak apalagi viral pun diurungkan.

Namun jangan khawatir, ada tips dan trik lho agar tidak mudah gemuk meski suka makan. Cocok sekali untuk dicoba untuk orang-orang yang takut gemuk namun ingin tetap pergi kuliner agar jadi kekinian.

Penasaran? Cari tahu taktiknya di sini!

1. Olah Raga Sederhana dan Teratur

Olah Raga Sederhana dan Teratur instagram

Ini memang menjadi yang paling penting untuk pecinta kuliner enggan gemuk, nih. Sebenarnya olah raga agar menjaga berat badan tidak perlu yang terlalu sulit, lho. Jalan kaki, naik tangga, bersepeda, bahkan sekadar lari-lari kecil bisa dilakukan.

Coba saja melakukan beberapa olah raga kecil sebelum tidur barang 10-20 menit saja. Hal itu akan membantu untuk menjaga lemak menumpuk di perut. Yuk, olah raga!

2. Makan dengan Porsi Kecil Agar Bisa Coba Berbagai Masakan

Makan dengan Porsi Kecil Agar Bisa Coba Berbagai Masakan instagram

Taktik selanjutnya yakni makan dengan porsi sedikit atau memakai piring kecil. Trik ini cocok sekali dilakukan jika kamu sedang mencoba restoran all you can eat atau pergi ke pesta, nih.

Banyaknya makanan yang ditemui tentu membuat kita mengharapkan untuk mencoba semuanya. Dengan mengambil sedikit demi sedikit, kita bisa mencoba berbagai makanan. Kamu bisa ajak partner kulinermu untuk memesan atau mengambil makanan berbeda agar dapat saling incip. Asyik, kan?

3. Kombinasikan dengan Makanan Sehat

Kombinasikan dengan Makanan Sehat instagram

Saat ini mulai banyak nih restoran-restoran masakan sehat namun tetap kekinian dan tentu Instagramable. Camilan-camilan sehat pun mulai mudah didapatkan. Coba deh sesekali mengganti kuliner penuh lemak dan gula pilihanmu menjadi sedikit lebih sehat.

Jadi, tubuhmu tidak terus-terusan diisi dengan makanan-makanan yang berisikan lemak seperti gorengan dan masakan mengandung banyak karbohidrat. Kuliner enak tidak melulu harus makanan yang banyak lemak, bukan?

4. Mengunyah Makanan Perlahan

Mengunyah Makanan Perlahan instagram

Tips satu ini tidak banyak diketahui orang, nih. Ternyata mengunyah makanan perlahan akan mempunyai banyak manfaat, lho. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui penilitan.

Makan secara perlahan akan membuat kita mudah merasa kenyang. Tapi tetap akan membuat kita merasa puas ketika makan. Jadi, bakal menghindarkan kita dari makan berlebihan. Berani coba?

5. Hindari Minuman Mengandung Gula Berlebih

Hindari Minuman Mengandung Gula Berlebih instagram

Salah satu penyebab gemuk adalah terlalu banyak mengonsumsi gula, lho. Jadi tentu menghindari hal-hal penuh gula patut dihindari. Jadi usahakan ketika kuliner menghindari minuman-minuman manis. Lebih aman memesan air putih saja karena lebih sehat dan tentu aman dari gula.

Jangan sampai usahamu memilih kuliner makanan sehat tetap gagal lantaran minuman yang kamu pesan salah. Jika memang berniat untuk kuliner minuman tentu tidak masalah, asal berani mengontrol banyaknya gula yang masuk dalam tubuh.

6. Lebih Banyak Makan Mengandung Protein

Lebih Banyak Makan Mengandung Protein instagram

Orang Indonesia kerap kali berpikir tidak kenyang sebelum makan nasi. Anggapan ini tentu harus mulai diubah, nih. Karena nasi bukan cuma menghandung karbohidrat yang akan memberikan kita tenaga tapi juga gula. Gula dalam nasi inilah yang membuat kita mudah gemuk.

Coba diimbangi dengan makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, ya. Mengonsumsi protein lebih banyak secara teratur dipercaya bisa membuang berat badan hampir 65 persen lebih dari 8 minggu daripada yang tidak. Percaya?

7. Mengonsumsi Cabai yang Memiliki Capsaicin

Mengonsumsi Cabai yang Memiliki Capsaicin instagram

Wah, bagi pecinta masakan pedas tampaknya sangat beruntung nih. Pasalnya cabai ternyata akan membantu untuk menghilangkan lemak-lemak berlebih yang membuat gemuk, lho.

Salah satu kandungan cabai yakni capsaicin berguna untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Menarik, ya?

8. Tidur Cukup Minimal 8 Jam Sehari

Tidur Cukup Minimal 8 Jam Sehari instagram

Siapa yang doyan bergadang? Ternyata tidur kurang dari 8 jam juga bisa menjadi penyebab mudah gemuk, lho. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang tidur atau penderita insomnia cenderung mengalami obesitas 55 persen lebih banyak. Duh, seram! Jangan sering bergadang jika tidak mau gemuk, ya.

Jika kamu tetap tidak bisa tidur padahal tidak berniat bergadang coba deh ingat minuman yang kamu konsumsi. Bisa jadi minuman itu yang membuat kamu tidak bisa tidur. Bukan cuma kopi, lho. Coba cari tahu minuman itu di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...