Addie MS Rilis Buku Biografi, Ayah Kevin Aprilio Sempat 'Jual Mahal'

Foto: Addie MS Rilis Buku Biografi, Ayah Kevin Aprilio Sempat 'Jual Mahal' Instagram



Buku biografi tersebut berjudul sesuai nama Addie MS, yang berisi mengenai masa remajanya hingga berprofesi sebagai musisi. Namun Addie sempat 'jual mahal' lantaran alasan ini.

Kanal247.com - Addie MS merupakan seorang konduktor, komposer, arranger maupun produser musik. Tidak heran jika banyaknya bakat yang dimiliki, membuat nama Addie begitu populer di kalangan industri musik Tanah Air maupun dunia. Bakat itu pula yang diturunkan kepada kedua putra Addie, yakni Kevin Aprilio dan Tristan JUliano.

Hal itu lah yang membuat beberapa pihak melirik Addie untuk menjadikan pengalaman hidupnya di industri musik yang sudah puluhan tahun ke dalam sebuah buku. Ya, suami penyanyi Memes itu telah merilis sebuah buku biografi yang berjudul namanya sendiri, "Addie MS". Penulisnya adalah Eva Rina, dimana buku tersebut menceritakan perjalanan hidup Addie dari masa remaja hingga berprofesi sebagai musisi.

Namun bukan berarti Addie langsung mengiyakan kehidupannya dirangkum dalam sebuah buku. Ia sempat menolak lantaran menganggap buku biografi hanya ditujukan bagi oran-orang yang sudah sepuh. Akan tetapi lantaran tidak enak hati, musisi 59 tahun itu akhirnya bersedia.

"Dia tiba-tiba bilang mau bikin biografi. Awalnya saya tolak karena berasa sudah tua banget," kata Addie ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan belum lama ini. "Karena menurut saya, buku biografi hanya untuk bapak-bapak yang sudah sepuh. Aku kaget dan jadi enggak enak nolak, jatuhnya kayak jual mahal."

Sementara itu, Addie juga ikut mengomentari perihal minat baca masyarakat Indonesia. Menurutnya, minat baca masyarakat Tanah Air mulai turun dibanding negara lain dikarenakan ketertarikan anak muda sekarang lebih ke media sosial ketimbang buku.



"Ya,ini saya lihat bagus, paling tidak bangsa kita minat baca belum setinggi Eropa dan Jepang," ujar Addie. "Sekarang, belum sampai pembinaan minat baca, karena sudah ada medsos. Saya senang kalau ada langkah-langkah baru, karena bangsa butuh baca buku."

Pria kelahiran Jakarta ini mengaku belum siap untuk menulis bukunya sendiri meski telah merilis buku biografi. Kendati begitu, Addie suatu saat ingin mencoba dengan memulai belajars ecara otodidak.

"Nanti saya kebanyakan belajar otodidak, jadi proses belajar saya enggak seperti kebanyakan," tutur Addie. "Saya pengin berbagi nantinya. Sekarang, lebih ke kehidupan, tapi kalau sudah lebih tua lagi, pengin nulis technical."

Buku biografi Addie itu sebelumnya sempat mengalami penundakan percetakan lantaran kesibukannya. Addie lantas memberikan bocoran sedikit perihal isi bukunya, yang di dalam turut disertai sosok almarhum Chrisye.

"Lebih ke kayak masa kecil, sekolah, pemberontakan, terus masa jadi musisi pop," pungkas Addie. "Bikin musik Vina Panduwinata dan Chrisye, jadi musisi yang lebih berdarah-darah karena passion saya, ini zona nyaman saya."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel