Ikuti Kebijakan Pemerintah Tiongkok, Lay Mengakhiri Kontrak Kerja dengan Samsung Electronics

Foto: Ikuti Kebijakan Pemerintah Tiongkok, Lay Mengakhiri Kontrak Kerja dengan Samsung Electronics Allkpop
WowKeren dan Kanal247


Lay mengakhiri kontrak kerja dengan Samsung Electronics karena mengikuti kebijakan One China Policy yang diterapkan negaranya terkait pemahaman tentang teritori dan wilayah Tiongkok.

Kanal247.com - Lay yang berasal dari Tiongkok saat ini telah mengakhiri kontrak kerjasama dirinya dengan Samsung Electronics. Kontrak kerja ini diakhiri karena sedang ramainya kontroversi produk-produk populer dari luar Tiongkok yang tidak mengikuti kebijakan “One China Policy”.


Baca juga ...

Seperti yang terlihat ramai di media sosial, saat ini orang-orang di Hong Kong masih terus menerus melakukan protes atas usaha Tiongkok untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut. Hal ini masih menjadi topik hangat di berbagai negara. Dikabarkan bahwa beberapa orang di Tiongkok sedang mengamati apakah produk-produk asing melihat dan mendeskripsikan Taiwan, Hong Kong, dan Macau sebagai wilayah yang berkaitan dengan Tiongkok atau justru terpisah.

Kontrak kerja ini berakhir dan diumumkan oleh perwakilan dari Lay pada 13 Agustus. “Samsung Electronics dimana Lay menjadi modelnya, tidak memiliki definisi yang jelas terkait negara dan wilayah yang ada di situs resmi global mereka,” tutur pernyataan dari perwakilan Lay.

Di pernyataan itu juga dijelaskan, “Sikap yang ambigu tentang integritas dari kedaulatan dan teritori kami telah sangat menyakiti perasaan orang-orang Tiongkok. Kami mengungkapkan rasa penyesalan dan menyatakan bahwa kami tidak dapat mentoleransi hal ini”. Tidak hanya dengan Samsung Electronics, member EXO ini juga menuai kritikan karena posisinya sebagai model dari produk Calvin Klein.

Lay sebagai warna negara Tiongkok meminta pihak Calvin Klein untuk mengoreski kesalahan situs resmi brand itu agar mengikuti kebijakan One China Policy sehingga tetap dapat melanjutkan kerjasama mereka. Tak dapat dihindari, aktivitas seorang selebriti dengan produk asing dari luar negaranya memang dapat dipengaruhi oleh kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah setempat.

Situasi yang sulit terkait kontrak kerja seorang selebriti atau publik figur asal Tiongkok dengan produk ataupun brand asing ini tidak hanya dialami oleh Lay. Selebriti lain juga mengakhiri kontrak kerjanya dengan brand lain. Lay sendiri saat ini lebih fokus dengan aktivitas di luar grup EXO.

Komentar Anda

Tags

lay

Rekomendasi Artikel

Loading...