Pemakai Skincare Pemula? 7 Rutinitas Ini Wajib Dilakukan

Foto: Pemakai Skincare Pemula? 7 Rutinitas Ini Wajib Dilakukan pinterest
WowKeren dan Kanal247


Untuk kamu yang memutuskan untuk mulai menggunakan skincare, beberapa hal penting ini patut untuk diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal. Apa saja?

Kanal247.com - Merawat wajah memang menjadi hal paling penting, khususnya bagi wanita. Penggunaan produk-produk kecantikan alias skincare tentu menjadi pilihan agar mendapatkan wajah idaman.

Baca juga ...


Merawat kulit wajah untuk kesehatan pun tentu akan menjadi pilihan setiap wanita. Tidak heran jika banyak orang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan hasil maksimal.

Namun, ternyata penggunaan skincare harus memperhatikan detail-detail sederhana agar hasil yang didapatkan maksimal. Jangan sampai uang yang telah terbuang demi skincare justru tidak mendapatkan hasil memuaskan.

Penasaran apa saja hal yang patut diperhatikan? Simak di sini!

1. Mengetahui Jenis Kulit Wajah Terlebih Dulu

Mengetahui Jenis Kulit Wajah Terlebih Dulu pinterest

Secara sederhana, kulit wajah seseorang dibagi menjadi tiga jenis yakni normal, kombinasi, dan berminyak. Jenis kulit itu tentu menjadi hal yang patut sekali diperhatikan sebelum memilih produk skincare. Pasalnya, berbeda jenis kulit memungkinkan skincare yang harus dipakai juga tidak sama.

Cara mengetahui jenis kulit cukup mudah, lho. Cukup menggunakan tisu atau face paper. Tempelkan tisu di berbagai bagian wajahmu, lalu perhatikan di mana yang paling banyak minyak. Jika di bagian hidung dan dahi, maka jenis kulitmu kombinasi. Sedang kalau hampir semuanya berminyak maka jenis kulitmu berminyak. Jika tidak terlihat minyak, maka jenis kulitmu normal.

Paling mudah mengetahui jenis kulitmu secara pasti adalah usai bangun tidur. Jadi, jangan cuci muka dulu ya sebelum mencari tahu jenis kulit wajahmu.

2. Ketahui Masalah Kulit dan Memakai Skincare Sesuai Kebutuhan

Ketahui Masalah Kulit dan Memakai Skincare Sesuai Kebutuhan pinterest

Banyak para pemula pengguna skincare berpikir bahwa membeli banyak produk sekaligus adalah keputusan yang benar. Namun, ternyata hal itu tentu salah besar. ebagai pemula di dunia skincare, cuma 4 produk ini yang wajib kamu miliki yakni cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen.

Hal utama lainnya sebelum memilih produk skincare adalah mengetahui permasalahan kulit wajahmu juga. Berjerawat, berminyak, komedo, dan lain sebagainya patut diperhatikan.

Usai mengetahui permasalahan mendasar kulitmu, mulailah untuk mencoba skincare khusus penanganannya. Jangan sampai lupa juga untuk memastikan produk skincare itu cocok dengan jenis kulitmu. Pasalnya ada beberapa produk skincare yang memiliki penanganan berbeda sesuai dengan jenis kulit.

3. Mengenali Produk Skincare dan Memperhatikan Detail Pemakaian

Mengenali Produk Skincare dan Memperhatikan Detail Pemakaian pinterest

Memakai produk skincare ternyata juga tidak boleh asal, lho. Memahami betul kandungan-kandungan yang ada di dalam produk skincare-mu menjadi hal yang sangat wajib dilakukan. Detail cara pemakaiannya juga patut diperhatikan, nih.

Tidak ada salahnya bukan membaca serta memahami produk skincare-mu sendiri sebelum mengaplikasikan ke wajah cantikmu? Apalagi ada internet yang mempermudah pengetahuanmu tentang skincare. Lebih baik memahami daripada salah kaprah, bukan?

4. Mencoba Produk Skincare Sampel atau Membeli di Kemasan Share in Jar

Mencoba Produk Skincare Sampel atau Membeli di Kemasan Share in Jar pinterest

Saat ini sangat banyak produk-produk skincare yang terkenal, namun tidak pasti apakah akan cocok dengan kulit wajahmu. Sehingga, melakukan percobaan membeli dengan kemasan-kemasan kecil bisa dijadikan pilihan.

Sekarang bahkan banyak sekali penjual kosmetik yang menjual sampel dengan kemasan kecil atau kerap disebut share in jar. Kamu juga bisa lebih hemat dengan mencoba kemasan mini itu lantaran lebih murah. Usai memastikan aman untuk kulitmu, kamu bisa membeli dengan kemasan normal deh.

5. Jangan Tergiur dengan Pikiran 'Semakin Mahal Semakin Bagus'

Jangan Tergiur dengan Pikiran 'Semakin Mahal Semakin Bagus' pinterest

Menyesuaikan budget menjadi hal yang patut diperhatikan juga, lho. Pasalnya, untuk skincare pernyataan "semakin mahal maka akan lebih bagus" belum tentu benar. Ingat, kulit memiliki jenis dan permasalahan berbeda-beda. Sehingga, harga skincare mahal tidak memastikan kulit wajahmu akan cocok menggunakan produk itu.

Lebih baik mencoba produk skincare dengan harga murah namun mengatasi permasalahan yang sama, bukan? Jika cocok maka tentu kamu akan sangat beruntung lantaran bisa menjadi lebih hemat. Setuju?

6. Pastikan Kulit Sudah Benar-Benar Bersih Sebelum Mengaplikasikan Skincare

Pastikan Kulit Sudah Benar-Benar Bersih Sebelum Mengaplikasikan Skincare pinterest

Sebelum memakai produk-produk skincare milikmu, membersihkan wajah terlebih dahulu adalah hal yang wajib dilakukan. Wajahmu harus benar-benar bersih sebelum mengaplikasikan skincare. Kalau perlu basuh wajahmu dua kali menggunakan face wash.

Membersihkan wajah terlebih dahulu bertujuan untuk memastikan efek dari skincare yang dipakai. Apakah produk skincare akan bekerja maksimal atau justru tidak cocok. Jadi, hasil yang kamu dapat jadi lebih memuaskan deh.

7. Langsung Hentikan Pemakaian Produk Skincare Jika Muncul Tanda Tidak Cocok

Langsung Hentikan Pemakaian Produk Skincare Jika Muncul Tanda Tidak Cocok pinterest

Permasalahan ini akan sulit dilakukan jika kamu merasa "sayang" dengan produk-produk skincare yang dibeli. Namun, tentu hal itu harus dibuang jauh-jauh daripada masalah di kulit wajahmu semakin parah.

Jadi ketika memakai produk skincare tertentu, kulitmu langsung bereaksi menunjukkan ketidakcocokan maka langsung hentikan. Misalnya saja mulai muncul jerawat, bruntusan, wajah merah, dan lainnya. Sehingga, usahakan untuk tidak sering mengubah produk skincare-mu jika sudah menemukan yang cocok.

Jika memang terpaksa harus ganti, cobalah dengan memberikan jarak waktu sekitar dua hari sebelum pemakaian produk baru. Kemudian mulailah pakai dengan jarak waktu cukup jauh misalnya, 1 minggu sekali kemudian bertambah menjadi 2-3 kali dan seterusnya. Hal itu bertujuan agar kulitmu beradaptasi dengan produk skincare barumu. Jika sejak awal tidak cocok tentu langsung hentikan, ya!

Ribet ya cara merawat kulit? Tapi demi mendapatkan kulit wajah cantik idaman, apa salahnya? Selamat mencoba!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...