Ingin Halau Penyakit Asam Urat? 13 Makanan Ini Wajib Dihindari

Foto: Ingin Halau Penyakit Asam Urat? 13 Makanan Ini Wajib Dihindari
WowKeren dan Kanal247


Cukup mengejutkan, banyak makanan yang biasa dijadikan menu sehari-hari justru mendekatkan kita kepada penyakit artritis seperti asam urat hingga encok. Simak di sini!

Kanal247.com - Penyakit asam urat memang dianggap wajar untuk menyerang setiap manusia, khususnya yang memiliki usia lanjut. Sayangnya, saat ini penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh orang berusia lanjut saja. Banyak sekali anak muda yang juga mendapatkan penyakit tersebut karena pola makan dan kebiasaan tidak sehat.

Baca juga ...


Asam urat sendiri merupakan penyakit yang diakibatkan zat purin yang dikonsumsi secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak, dan meradang.

Hal tersebut membuktikan bahwa asam urat bukanlah penyakit yang diderita karena usia. Sehingga, setiap orang patut untuk menjaga makanan yang dikonsumsi agar terhindar dari penyakit ini.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang wajib dihindari agar tidak terserang asam urat.

1. Frozen Food

Frozen Food

Bukan rahasia publik jika frozen food adalah salah satu jenis makanan tidak sehat. Pasalnya frozen food digadang-gadang memiliki kandungan sodium yang terlalu tinggi. Sodium lebih dikenal dengan nama garam.

Sodium sendiri adalah elektrolit dengan fungsi untuk mengatur jumlah air dalam tubuh yang memainkan peran pada bagian impuls saraf dan kontraksi otot.

Untuk menghindari penyakit asam urat, kamu patut untuk majaga agar jumlah garam yang masuk dalam tubuh tak lebih dari 1.500 mg.

2. Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Sama halnya dengan frozen food, minuman bersoda juga dikenal memiliki banyak sekali kerugian untuk kesehatan. Minuman bersoda diketahui memiliki kandungan gula yang terlalu banyak.

Terlalu banyak mengonsumsi gula tentu bukanlah yang baik bagi tubuh. Pasalnya gula berlebih akan menimbulkan banyak penyakit seperti diabetes dan asam urat.

Satu gelas minuman bersoda disebut-sebut memiliki kadar gula sekitar 10 sendok makan. Banyak sekali, bukan? Yuk mulai hindari minuman bersoda!

3. Pizza

Pizza

Pizza ternyata merupakan salah satu makanan junk food yang paling berbahaya bagi tubuh, lho. Junk food memang menjadi pilihan banyak orang karena mudah ditemui dan enak, tapi sayangnya kita wajib menghindari makanan ini.

Tak hanya menimbulkan asam urat, pizza bahkan juga menyebabkan banyak sekali penyakit lainnya. Misalnya obesitas dan penyakit jantung. Duh, seram ya?

4. Makanan Berminyak

Makanan Berminyak

Semua makanan yang digoreng juga menjadi sumber penyakit asam urat, lho. Pasalnya makanan berminyak memiliki kalori yang cukup besar. Sehingga kalori tersebut tidak dapat sepenuhnya dicerna oleh tubuh.

Terlalu banyak kalori akan meningkatkan banyak sekali penyakit, seperti asam urat, gangguan pencernaan, obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker! Hayo siapa yang hobi makan gorengan? Yuk dikurangi!

5. Sosis

Sosis

Sosis diketahui memiliki bahan dasar yakni daging. Segala jenis daging tampaknya bisa disulap menjadi sosis. Sayangnya, sosis juga memiliki bahan-bahan baku lain yang tak baik bagi tubuh.

Sosis juga memiliki kadar natrium tinggi, sintetis, dan penambah rasa dari bahan kimia. Ketiganya adalah bahan yang tidak baik dikonsumsi berlebihan bagi tubuh. Natrium yang berlebihan bahkan membuat seseorang menderita hipertensi, lho.

6. Gula Halus

Gula Halus

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi gula berlebihan adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan. Hampir semua jenis gula patut untuk dicermati ketika masuk dalam tubuh.

Gula halus menjadi salah satu jenis yang amat patut untuk dihindari. Pasalnya gula halus memiliki kadar kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Kamu yang suka makanan dengan tambahan gula halus patut untuk waspada, nih!

7. Es Krim

Es Krim

Siapa yang tidak suka es krim? Es krim memang salah satu makanan penutup yang sangat digemari semua orang. Rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi alasan utama orang-orang menyukai es krim.

Sayangnya, untuk menghindari penyakit asam urat kita wajib untuk menghindari es krim. Banyaknya kandungan gula, perasa, bahkan bahan kimia menjadikan es krim salah satu makanan yang tidak patut dikonsumsi berlebihan.

8. Susu

Susu

Susu memang dikenal sebagai minuman yang kaya akan kalsium dan protein. Namun sayangnya mengonsumsi terlalu banyak justru akan mendatangkan malapetaka bagi tubuh kita.

Tenang, kamu tak perlu benar-benar berhenti mengonsumsi susu. Cukup membatasi saja atau ganti susu kemasan yang biasa kamu minum dengan lebih alami. Susu sapi murni dan kedelai bisa dijadikan solusi. Eits, tetap jangan terlalu banyak ya!

9. Keju

Keju

Keju diketahui menjadi salah satu olahan terkenal dari susu. Sayangnya susu yang terkandung dalam keju disebut-sebut memiliki banyak lemak jahat yang tak bagus bagi tubuh kita. Mengonsumsi keju terlalu banyak akan membuat kita mendekati penyakit asam urat, obesitas, banyak lagi. Seram, ya!

10. Margarin

Margarin

Margarin juga menjadi salah satu sumber penyakit asam urat nih. Meski tak separah dengan minyak, mengonsumsi margarin terlalu berlebihan juga tidak dianjurkan.

Margarin memiliki bahaya yang cukup mirip dengan minyak, jadi jangan konsumsi berlebihan ya!

11. Garam

Garam

Nah sebelumnya sudah dijelaskan bahwa garam berlebihan tidak baik untuk tubuh. Sehingga jelas penggunaannya sebagai penyedap rasa wajib untuk kamu hindari, nih.

Untuk mengganti garam, kamu bisa berkreasi dengan bahan alami yang lebih aman bagi tubuh. Misalnya cabai, daun mint, jahe, bawang, dan ikan asin. Berani coba?

12. Permen

Permen

Gula, es krim, susu saja mendekatkan kita dengan asam urat, apalagi permen? Bukan lagi rahasia kalau mengonsumsi permen berlebihan tidak baik bagi tubuh.

Pasalnya permen mengandung banyak gula, pemanis buatan, pewarna tak alami, dan banyak lagi. Duh, seram!

13. Nasi Putih

Nasi Putih

Nasi putih juga menjadi sumber asam urat, nih. Hal tersebut cukup mengejutkan karena nasi selalu menjadi makanan wajib semua orang khususnya di Indonesia. Orang Indonesia bahkan tampaknya menganggap tidak akan kenyang jika belum makan nasi.

Namun tampaknya mengonsumsi nasi terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya nasi tak hanya mengandung karbohidrat saja, melainkan juga tinggi glukosa. Glukosa atau kadar gula inilah yang membuat nasi tidak sehat.

Kamu bisa mengganti nasi putih dengan makanan yang lebih sehat, misalnya kentang. Nasi merah juga menjadi solusi, lho.

Menjaga berat badan juga wajib kamu lakukan untuk terhindar dari penyakit asam urat. Yuk ikuti tips di sini!

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...