Nama Anak 7 Seleb Indonesia Ini Punya Makna Menyentuh, dari Bahasa Sanskerta Lho!

Foto: Nama Anak 7 Seleb Indonesia Ini Punya Makna Menyentuh, dari Bahasa Sanskerta Lho! Instagram
WowKeren dan Kanal247


Para orang tua tentu tidak sembarangan memberikan nama untuk sang anak. Arti dan estetikanya tentu sangat dipertimbangkan. Beberapa selebriti ini juga menamai anaknya dari bahasa Sanskerta, lho.

Kanal247.com - Anak merupakan anugerah indah dari Tuhan yang Maha Esa. Para orang tua tentu tidak sembarangan memberikan nama untuk sang anak. Arti dan estetikanya tentu sangat dipertimbangkan.

Baca juga ...

Tak jarang para orang tua memilih nama anak dari berbagai bahasa, seperti bahasa Sanskerta. Banyak kosa kata bahasa Sanskerta yang memiliki arti indah.


Beberapa selebriti ini juga menamai anaknya dari bahasa Sanskerta, lho. Artinya indah banget! Ayo simak di bawah ini.

1. Elzo Jaydn Anvaya Putra Nirina Zubir dan Ernest

Elzo Jaydn Anvaya Putra Nirina Zubir dan Ernest Instagram

Nirina Zubir dan Ernest merupakan salah satu pasangan selebriti yang memilih bahasa Sanskerta untuk nama anaknya. "Anvaya", dari nama Elzo Jaydn Anvaya memiliki arti rasa syukur atau kebaikan.

"Elzo Jadden Anvaya dari Sanskerta bahasanya. Artinya rasa bersyukur atas kebaikkan," kata Ernest di RS Graha Kedoya, Jakarta Barat 2012 lalu. Elzo sendiri lahir pada Juni 2012 lalu melalui operasi caesar.

2. Anaku Askara Biru Putra dari Andien dan Ippe

Anaku Askara Biru Putra dari Andien dan Ippe Instagram

Anaku Askara Biru merupakan putra pertama pasangan Andien dan Ippe. Nama itu merupakan gabungan dari beberapa bahasa, yakni Jepang dan Sanskerta. "Anaku" berasal dari bahasa Jepang, artinya cahaya dari selatan, sementara "askara" diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti cahaya.

"Anaku berasal bahasa Jepang, frasa ini digunakan dalam bela diri karate yang berarti 'Cahaya dari Selatan' atau 'Kedamaian dari Selatan'. Askara sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti cahaya. Semoga ia bisa menjadi cahaya yang menuntun pada kebaikan," tulis Andien dalam salah satu postingannya 2017 lalu. "Biru adalah warna dari chakra di tenggorokan yang selalu bicara benar, jujur, dan mudah dimengerti. Ia bisa mendengar suara hatinya sendiri, mendengar keheningan dan mengungkapkan apa yang memang perlu diungkapkan."

3. Ataris Alfarizqi Svarga Nugroho Anak dari Donita dan Adi Nugroho

Ataris Alfarizqi Svarga Nugroho Anak dari Donita dan Adi Nugroho Instagram

Donita dan Adi Nugroho juga mengambil nama anaknya dari bahasa Sanskerta. Ataris Alfarizqi Svarga Nugroho, "svarga", memiliki arti surga.

"Artinya anugerah dari surga yang selalu dilimpahkan, rejeki, dan selalu beruntung," ujar Donita saat ditanya soal nama anaknya. Donita dan Adi Nugraha berharap anaknya selalu mendapat berkah dari Tuhan yang Maha Esa.

4. Btara Langit Anandayu Anak Omesh dan Dian Ayu

Btara Langit Anandayu Anak Omesh dan Dian Ayu Instagram

Nah, selanjutnya adalah anak dari Ananda Omesh dan Dian Ayu, Btara Langit Anandayu. Nama "brata" diambil dari istilah Sanskerta yang memiliki arti pelindung. Sementara "langit" dalam bahasa Polinesia memiliki makna cahaya serta sumber kehidupan.

"Btara artinya pelindung. Langit itu artinya cahaya, cerah, sumber kehidupan, banyak artinya. Langit kan tempat turunnya hujan dan air yang berguna untuk kehidupan," tulis Omesh. Sementara "anandayu" merupakan singkatan dari nama Omesh dan istrinya.

5. Arsya Akbar Pemuda Putra Bungsu Anang dan Ashanty

Arsya Akbar Pemuda Putra Bungsu Anang dan Ashanty Instagram

"Arsya" berasal dari kata "arasy" yang artinya "tahta Tuhan" sementara "Akbar" artinya besar. Nama "Pemuda" sendiri lantaran putra Anang dan Ashanty tersebut lahir pada hari Sumpah Pemuda.

Namun perlu kalian tahu bahwa kata "Arsya" dan "Akbar" memiliki arti lain dalam bahasa Sanskerta. "arsya" artinya keturunan suci dan "akbar" artinya lahir dari raja Muslim.

6. Mahatma Kala Maheswara Putra Pertama Mytha Lestari

Mahatma Kala Maheswara Putra Pertama Mytha Lestari Instagram

Mytha Lestari dan suami memilihkan nama sangat indah untuk putra pertamanya, yakni Mahatma Kala Maheswara. "Mahatma" diambil dari sosok Mahatma Gandhi yang dikenal memiliki jiwa besar, "Kala" artinya matahari dalam bahasa Hawaii.

Sementara "Maheswara" berasal dari nama sang ayah. Dalam bahasa Sanskerta "Kala" berarti waktu dan "Maheswara" adalah nama lain Dewa Siwa. Indha banget, ya?

7. Bhai Kaba Bramantyo Putra Ketiga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca

Bhai Kaba Bramantyo Putra Ketiga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca Instagram

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca diketahui selalu memberikan nama yang indah dan "estetik" untuk anak-anaknya. Salah satunya adalah Bhai Kaba Bramantyo.

"Namanya Bhai Kaba, diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya sang pembawa kabar bahagia. Kita pengin Kaba membawa kabar gembira buat siapapun. Seperti Islam, sebuah agama yang selalu membawa kabar bahagia, bukan ancaman," ujar Hanung seperti yang dilansir dari Liputan6. Kaba sendiri lahir pada 2016 lalu.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...