Tak Hanya Batu Ginjal, Dorce Gamalama Juga Divonis Dokter Derita Diabetes

Foto: Tak Hanya Batu Ginjal, Dorce Gamalama Juga Divonis Dokter Derita Diabetes instagram
WowKeren dan Kanal247


Usai dikabarkan menderita batu ginjal, Dorce Gamalama rupanya juga didiagnosa oleh dokter menderita diabetes. Mengidap dua penyakit sekaligus, Dorce berusaha selalu bahagia.

Kanal247.com - Sudah lama masyarakat Indonesia tak melihat sosok Dorce Gamalama di layar kaca televisi. Kabarnya, ia memilih untuk menghabiskan banyak waktunya melakukan berbagai kegiatan hingga mengambil berbagai tawaran job di Amerika Serikat.


Baca juga ...

Namun kabarnya belum lama ini Dorce kembali terlihat menghadiri sebuah acara santunan. Sayangnya di tengah-tengah acara ia mengeluh kesakitan pada bagian perutnya.

Lambat laun publik pun akhirnya mengetahui bahwa presenter 55 tahun tersebut mengidap penyakit batu ginjal. Dorce pun membeberkan rasa sakit yang ia alami selama ini di sebagian perut bagian kanan.

Usai menyambangi berbagai dokter di Indonesia, Dorce berencana untuk melanjutkan pengobatan ke Negeri Jiran. Ia berharap penyakit batu ginjalnya dapat disembuhkan oleh dokter dari Malaysia.

Rupanya tak hanya batu ginjal, Dorce lantas mengakui bahwa dirinya juga menderita diabetes. Namun berbeda dari penyakit batu ginjal yang baru ia ketahui beberapa bulan yang lalu ini, penyakit diabetes tersebut sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

Ia menuturkan bahwa penyakit kadar gula darah tinggi itu disebabkan oleh faktor genetika. Namun hobi menyantapi makanan manis justru semakin memperburuk kondisinya.

“Kalau gula sudah dari dulu cuma dulu, memang faktor makanan. Tadinya kan saya rakus tuh, apa saja dimakan,” pungkas Dorce Gamalama kepada tim Liputan6 beberapa waktu yang lalu lewat sambungan telepon. “Nah, sebenarnya itu juga sudah turunan ya, dari ibu saya, nenek saya juga dapat (gula).”

Demi menyembuhkan penyakit batu ginjal dan diabetes tersebut, Dorce pun harus benar-benar ketat dalam menjaga pola makan. Tak hanya menghindari makanan bersantan dan berlemak, ia juga wajib mengatur konsumsi kadar gula sehari-hari.

“Makanya harus tetap pakai gula, cuma gulanya yang manisnya dari alami,” tandasnya. “Kalau nggak, pakai gula jagung, kayak gitu.”

Tak sampai disitu, rupanya Dorce juga harus menjaga keseimbangan emosinya. Dokter telah banyak mengimbau agar ia menjauhi segala hal yang memicu timbulnya stres. Pasalnya kesehatannya pun akan menurun jika kondisi emosinya tidak baik.

“Sebenarnya sih, pokoknya saya enggak boleh drop,” tegasnya. “Artinya gini, saya enggak boleh depresi, saya enggak boleh memikirkan hal yang negatif. Memang (penderita) gula itu kan enggak boleh drop. Kalau dia drop, dia bisa memengaruhi (kadar) gulanya.”

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...