Bukan Bikin Nyenyak, 8 Makanan Ini Malah Buat Kalian Sulit Tidur

Foto: Bukan Bikin Nyenyak, 8 Makanan Ini Malah Buat Kalian Sulit Tidur Pixabay
WowKeren dan Kanal247


Penyebab sulit tidur bisa beragam. Mulai dari stres, kecemasan, obat-obatan, kondisi medis bahkan makanan, lho.

Kanal247.com - Sulit tidur merupakan salah satu gangguan tidur adalah cukup menyusahkan. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat kalian sama sekali tidak bisa tidur bahkan ketika kalian sudah ingin tidur.

Baca juga ...


Mengalami kesulitan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia, menyebabkan kalian merasa lelah saat bangun pagi. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas aktivitas sehari-hari.

Penyebab sulit tidur bisa beragam. Mulai dari stres, kecemasan, obat-obatan dan kondisi medis. Nah, penyebab lainnya adalah makanan. Perlu kalian ketahui bahwa banyak makanan yang rupanya malah membuat seseorang susah tidur.

Buat kalian penderita insomnia, hindari 8 makanan ini, ya. Mau tahu apa saja? Simak di sini.

1. Makanan Pedas Bikin Susah Tidur

Makanan Pedas Bikin Susah Tidur

Makanan pertama adalah makanan yang pedas. Sensasi panas dan pedas dari kandungan capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan suhu tubuh yang membuat tidak nyaman. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa perubahan suhu yang disebabkan makanan pedas dapat membingungkan otak sehingga kalian akan sulit tidur.

Makanan pedas juga akan membuat perut sakit. Kalian bisa-bisa terbangun di malam hari karena bolak-balik ke toilet untuk buang air besar. Tidur menjadi tidak berkualitas dan menyebabkan kelelahan di pagi hari.

2. Jangan Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur

Jangan Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur

Bagi pecinta kue manis, kalian harus menguranginya mulai saat ini. Makanan manis rupanya juga tidak menyebabkan sulit tidur. Ketika gula melonjak dalam tubuh, sistem pencernaan lebih lambat untuk memecah glukosa sepanjang malam. Hal ini menyebabkan tubuh terjaga.

Makanan manis juga akan meningkatkan gula darah dalam darah dan tubuh akan lebih berenergi. Selain itu, makanan manis juga akan menyebabkan kalian merasa haus sepanjang malam.

3. Bawang Bombai Bikin Perut Kembung

Bawang Bombai Bikin Perut Kembung

Nah, makanan selanjutnya adalah bawang bombai dapat menyebabkan gas dan perut kembung. Hal tersebut lantaran bawang bombai mengandung serat yang disebut fruktan. Tekanan gas tersebut dapat menyebabkan refluks asam lambung yakni kondisi tidak nyaman lantaran asam lambung mengalir ke tenggorokan

4. Cokelat Hitam Bisa Bikin Sulit Tidur

Cokelat Hitam Bisa Bikin Sulit Tidur

Cokelat hitam alias dark chocolate dapat menghambat tidur kalian. Cokelat hitam mengandung senyawa teobromin, feniletilamin dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

5. Alkohol Sebabkan Sulit Tidur

Alkohol Sebabkan Sulit Tidur

Selain makanan, minuman juga akan menyebabkan kalian sulit tidur, seperti alkohol. Jenis minuman satu ini akan membuat tidur tidak berkualitas. Alkohol memang dapat memicu tidur nyenyak pada malam hari, namun pada paruh kedua, kalian bisa terganggu dengan salah satunya mimpi yang aneh. Ketika bangun, kalian dapat merasa lelah keesokan harinya bahkan merasa pusing dan sakit kepala.

6. Makan Daging Merah Sebelum Tidur? Pilihan yang Tidak Tepat

Makan Daging Merah Sebelum Tidur? Pilihan yang Tidak Tepat

Saat tidur, tubuh tidak didesain untuk mencerna makanan. Protein menyebabkan masalah pencernaan tertentu karena sulit dipecah dibandingkan nutrisi lainnya. Jadi, sebaiknya kalian tidak mengonsumsi seperti steak, rendang dan lainnya sebelum tidur.

7. Hindari Brokoli Sebelum Tidur

Hindari Brokoli Sebelum Tidur

Tak hanya bawang bombai, brokoli juga dapat memproduksi gas dalam perut yang membuat tidak nyaman. Selain itu, brokoli mengandung serat tinggi. Serat dalam jumlah besar akan bergerak lambat melalui sistem pencernaan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan bergerak lebih ekstra pada malam hari dan membuat tubuh terjaga. Maka dari itu, jangan konsumsi brokoli dalam jumlah berlebih pada malam hari.

8. Air Putih Terlalu Banyak

Air Putih Terlalu Banyak

Tubuh memerlukan asupan cairan tiap hari. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi air putih 8 hingga 10 gelas per hari. Namun, saat sebelum tidur, sebaiknya kalian tidak minum air putih terlalu banyak. Hal tersebut akan menyebabkan kalian terbangun karena harus ke toilet. Kualitas tidur menjadi menurun, deh.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...