Tidak Hanya Penyedap Makanan, Ketahui 7 Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan

Foto: Tidak Hanya Penyedap Makanan, Ketahui 7 Manfaat Gula Pasir untuk Kecantikan
WowKeren dan Kanal247


Manfaatkan gula untuk perawatan wajah rumahan, yuk!

Kanal247.com - Gula pasir merupakan merupakan bahan pemanis makanan atau minuman. Saat memasak, gula pasir merupakan penambah rasa yang tidak dapat kalian lupakan. Gula seolah melengkapi kehadiran garam .

Baca juga ...

Nah, selain sebagai bahan masakan, gula juga dapat dimanfaatkan untuk hal lain, lho. Contohnya saja kecantikan. Gula pasir bisa menjadi perawatan yang dapat membuat kalian berhemat dari skincare mahal.


Mau tahu apa saja manfaat dari perawatan gula pasir? Simak di sini, yuk.

1. Gula Pasir dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Gula Pasir dapat Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati pada wajah dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kulit kusam, jerawat dan lainnya. Kalian dapat memanfaatkan gula pasir untuk mengatasi hal ini. Kandungan asam glikolat dalam gula mampu membantu mengelupas atau memecah sel-sel kulit mati sebelum terlepas.

Scrub gula juga akan membantu kalian memulihkan jaringan kulit dan menggantinya dengan yang baru. Nah, dengan ini kulit akan terlihat lebih cerah dan segar. Untuk membuatnya, kalian dapat mencampurkan gula pasir dengan madu atau minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah sembari pijat perlahan. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu, ya.

2. Gula Pasir Dapat Mengontrol Minyak Berlebih

Gula Pasir Dapat Mengontrol Minyak Berlebih

Gula pasir rupanya dapat sangat bermanfaat buat kalian yang memiliki jenis kulit berminyak. Gula dapat digunakan untuk mempertahankan keseimbangan minyak pada kulit kalian. Hal ini lantaran gula mengandung dua komponen penting, yakni asam glikolat dan asam alpha-hydroxy. Nah, dari pada perawatan wajah mahal, kalian dapat memanfaatkan gula pasir yang ada di rumah, lho.

3. Jaga Kelembapan Wajah dengan Gula Pasir

Jaga Kelembapan Wajah dengan Gula Pasir

Menjaga kelembapan wajah merupakan hal sangat penting. Jika kulit terlalu kering, tanda-tanda penuaan diri seperti garis-garis halus bisa muncul pada wajah. Hal ini juga dapat kalian atasi dengan gula pasir.

Gula memiliki unsur humectant yang mampu menyerap kelembapan dari lingkungan sekitar yang kemudian dapat diserap oleh kulit. Untuk memanfaatkannya, kalian dapat mencampurkan gula dengan minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Sebelum dibilas, pijat wajah secara perlahan selama 60 detik.

4. Gula Pasir dapat Melembutkan Kulit

Gula Pasir dapat Melembutkan Kulit

Kulit bertekstur mungkin jadi salah satu masalah yang menyebalkan pada wanita. Apalagi masalah ini bikin makeup tidak terlihat flawless. Gula pasir dapat mengatasi kulit bertekstur dengan membuatnya lebih lembut, lho. Manfaat ini juga berhubungan dengan pengangkatan sel kulit mati yang dapat dilakukan oleh gula pasir. Sel kulit mati dan kotoran yang hilang akan membuat wajah terlihat lebih halus.

Selain itu, jika kalian mencampurkannya dengan minyak zaitu, kandungan vitamin E dan asam lemak omega-3 akan mendukung kerja gula pasir dalam melembutkan wajah. Bagaimana? Tertarik mencoba?

5. Gula Pasir Juga dapat Membuat Tumit Halus

Gula Pasir Juga dapat Membuat Tumit Halus

Buat yang suka menggunakan sandal atau heels pasti enggak pede dengan tumit yang pecat-pecah, kan? Coba manfaatkan gula pasir untuk mengatasi hal ini. Tumit yang pecah-pecah akan menjadi halus dalam beberapa kali perawatan.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan adonan daging buah nanas yang telah dilembutkan dengan madu dan gula pasir. Kemudian oleskan pada tumit dan diamkan selama sekitar setengah jam. Setelah itu, gosok dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air dingin.

6. Atasi Komedo dengan Gula Pasir

Atasi Komedo dengan Gula Pasir

Komedo merupakan jenis jerawat yang dipengaruhi oleh minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Komedo biasanya muncul pada daerah dagu, hidung dan juga dahi. Jenis komedo yang paling membandel adalah yang berwarna hitam.

Masalah kulit wajah yang satu ini dapat diatasi dengan campuran gula dan garam. Kedua bahan tersebut akan mengikis sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, campuran gula pasir dan perasan lemon juga mampu mengatasi komedo, lho. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu membunuh bakteri di sekitar wajah yang berkomedo sheingga mencegah munculnya kembali.

7. Manfaatkan Gula Pasir Sebagai Scrub Bibir

Manfaatkan Gula Pasir Sebagai Scrub Bibir

Manfaat lainnya dari gula pasir adalah sebagai scrub bibir. Untuk menghaluskan bibir kalian hanya perlu mengaplikasikan gula layaknya scrub biasa. Setelah itu, gosok perlahan hingga sel kulit mati yang ada di bibir terangkat.

Selain itu, gula pasir juga dapat membuat bibir merah alami, lho. Campurkan gula pasir dengan bahan seperti minyak zaitun, lemon, minyak almond atau buah bit. Kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan. Jika melakukannya secara rutin selama seminggu, bibir akan merah alami dengan cepat.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...