Jangan Sembarangan, Ini 7 Langkah Keramas yang Benar Agar Rambut Tidak Rusak

Foto: Jangan Sembarangan, Ini 7 Langkah Keramas yang Benar Agar Rambut Tidak Rusak
WowKeren dan Kanal247


Ketahui cara keramas yang benar agar rambut tetap sehat.

Kanal247.com - Keramas merupakan cara agar rambut bersih dari kotoran, debu dan minyak berlebih pada kulit kepala. Keramas juga akan menjaga rambut tetap sehat serta terhindar dari masalah seperti ketombe, kerontokan, bercabang dan lainnya.

Baca juga ...

Namun, keramas bisa menjadi bencana jika kalian tidak melakukannya dengan benar. Perlu kalian tahu bahwa keramas tidak hanya mencuci rambut dengan sampo kemudian dikeringkan. Banyak tahapan dan teknik dalam keramas yang akan menjaga rambut, bukan malah membuatnya rusak.


Nah, agar tidak salah langkah, berikut 7 cara keramas yang baik agar rambut tetap sehat. Simak di bawah ini, ya.

1. Pilih Sampo yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

Pilih Sampo yang Tepat Sesuai Jenis Rambut

Sampo merupakan produk yang dibutuhkan untuk keramas. Memilih sampo juga tidak boleh sembarangan. Kalian harus menggunakan yang sesuai dengan jenis rambut dan masalah pada rambut.

Bagi pemilik rambut lurus yang tipis, gunakan sampo yang membuat rambut lebih bervolume. Hindari produk dengan bahan seperti natrium klorida atau polietilen glikol. Kedua senyawa tersebut akan menyebabkan rambut kering dan rapuh.

Sementara untuk pemilik rambut keriting atau kasar, kalian perlu memilih sampo yang mengandung gliserin, panthenol atau shea butter. Kandungan tersebut akan memberikan kelembapan tambahan pada rambut. Selain itu, perhatikan kandungan vitamin yang berada di dalam sampo juga, ya.

2. Basahi Rambut dengan Baik

Basahi Rambut dengan Baik

Sebelum menggunakan sampo, pastikan seluruh rambut dalam keadaan basah. Kalian dapat menggunakan air hangat untuk membasahinya. Air hangat akan membantu membuka kutikula dan melepaskan minyak yang masih menempel pada rambut.

Basahi rambut minimal 1 menit, Langkah ini akan membuat air melepaskan kotoran yang menempel di rambut dan membuatnya lebih mudah menerima nutrisi dari sampo. Nah, penggunaan air hangat hanya dapat kalian lakukan diawal. Untuk membilas rambut setelah menggunakan sampo, lebih baik memakai air dingin agar kelembapan rambut tetap terjaga.

3. Gunakan Sampo Secukupnya

Gunakan Sampo Secukupnya

Penggunaan sampo juga ada ukurannya, lho. Jangan menggunakannya terlalu banyak atau terlalu sedikit. Menggunakan sampe seukuran koin Rp 100. sudah cukup. Namun, jika yang memiliki rambut tebal dan panjang, kalian dapat melipatgandakan jumlahnya. Selain itu, jangan pernah menggunakan sampo satu genggam penuh, tidak peduli seberapa tebal atau panjang rambut kalian.

4. Teknik Keramas, Gosokkan Mulai dari Akar ke Ujung

Teknik Keramas, Gosokkan Mulai dari Akar ke Ujung

Saat mengaplikasikan sampo, sebaiknya mulai dari akan rambut. Pijat hingga berbusa dan merata. Kemudian baru sebarkan ke ujung rambut. Jika rambut panjang melebihi bahu, lembapkan ujung rambut terlebih dahulu agar tetap sehat.

Kalian juga bisa mengambil posisi membungkuk dengan kepala menunduk ke bawah saat keramas. Posisi ini membantu kalian untuk meratakan sampo ke seluruh bagian kepala.

5. Pijat Rambut Menggunakan Jari bukan Kuku

Pijat Rambut Menggunakan Jari bukan Kuku

Jangan menggosok sampo dan jari ke kulit kepala. Kalian harus memijatnya dengan ujung jari. Memijat akan membuat nutrisi dari sampo menyerap dengan baik. Selain itu, teknik ini tidak membuat busa menjadi menebal sehingga lebih mudah dibersihkan. Nah, saat keramas juga tidak baik jika menggunakan kuku lantaran dapat merusak kulit kepala.

6. Gunakan Conditioner

Gunakan Conditioner

Setelah membilas sampo dengan air dingin, kalian dapat menggunakan conditioner. Perlu kalian tahu bahwa penggunaan conditioner hingga lebih dari 5 menit tidak menimbulkan perbedaan, lho. Pasalnya, conditioner bisa melembapkan rambut dalam sekejap dan tidak meresap lebih dalam lagi.

Pilihlah conditioner dengan jenis deep conditioning. Jenis tersebut dapat kalian lakukan sekali dalam satu minggu. Perawatan ini akan membuat rambut kalian halus dan tidak kering.

7. Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Kesalahan yang banyak terjadi saat dalam proses keramas adalah mengeringkan rambut. Biasanya seseorang akan mengeringkan rambut dengan mengusapkannya ke handuk. Padahal, hal tersebut bisa merusak rambut, lho.

Sebaiknya, peras rambut yang basah secara perlahan. Kalian juga bisa menepuk-nepuk perlahan tanpa menariknya. Hal tersebut bisa membuat rambut rusak dan kusut. Kemudian cukup angin-anginkan rambut. Hindari penggunaan hairdryer karena dapat membuat rambut terlalu kering.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...