Obati Jerawat hingga Kolesterol Tinggi, Ini 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan

Foto: Obati Jerawat hingga Kolesterol Tinggi, Ini 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Kesehatan
WowKeren dan Kanal247


Mau tahu apa saja manfaat teh hijau? Simak di sini, yuk.

Kanal247.com - Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat. Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinesis. Minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok dan hingga saat ini terkenal hingga seluruh dunia.

Baca juga ...

Salah satu kandungan teh hijau yang berkonstribusi tinggi dalam manfaatnya adalah antioksidan yang tinggi. Antioksidan memiliki kegunaan dalam melawan radikal bebas. Selain itu, senyawa katekin di dalamnya memiliki mnafaat baik dalam menghentikan oksidatif pada sel-sel tubuh.


Masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi teh hijau. Mau tahu apa saja? Coba simak di bawah ini.

1. Teh Hijau dapat Mengobati Jerawat

Teh Hijau dapat Mengobati Jerawat

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa teh hijau mengandung katekin. Kandungan tersebut bersifat antibakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dan antiflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology tahun 2012 menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) di dalam teh hijau membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

Nah, untuk memanfaatkannya, kalian dapat mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari. Selain itu, kalian bisa menjadikannya master untuk wajah. Caranya dengan mengambil teh hijau di dalam kantung teh, tumbuk hingga halus. Campurkan perasan air lemon kemudian aduk menjadi pasta. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Menghilangkan Lingkaran Hitam dengan Kantong Teh Hijau

Menghilangkan Lingkaran Hitam dengan Kantong Teh Hijau

Teh hijau menggantung antioksidan dan tanin yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat tersebut dapat membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Cara penggunaannya adalah kalian hanya perlu mengompreskan kantong teh bekas yang telah diseduh. Kemudian masukkan ke dalam kulkas beberapa menit hingga dingin. Kompreskan pada area bawah sekitar mata selama 15 hingga 30 menit. Kantong teh hijau dijamin ampuh bikin penampilan terlihat lebih segar.

3. Gunakan Teh Hijau untuk Pertumbuhan Rambut

Gunakan Teh Hijau untuk Pertumbuhan Rambut

Selain untuk wajah, teh hijau juga sangat bermanfaat untuk memanjangkan rambut, lho. Teh jenis ini memiliki kandungan antioksidan yang akan memperlancar darah pada kulit kepala dan melindungi rambut dari radikal bebas yang bisa mengkontaminasi sehingga pertumbuhannya lancar. Jadi, bagi yang mengalami kerontokan rambut, kalian bisa memperbaiki dan menumbuhkan kembali dengan teh hijau.

Untuk memanfaatkannya, kalian hanya perlu mengaplikasikan kantong teh hijau bekas pada kulit kepala. Diamkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

4. Hilangkan Bau Mulut dengan Teh Hijau

Hilangkan Bau Mulut dengan Teh Hijau

Antioksidan di dalam teh hijau juga bermanfaat untuk menyingkirkan masalah bau mulut. Kandungan tersebut berfungsi melawan dan menyingkirkan bakteri yang ada dalam mulut dan juga tubuh. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian di Mesir yang meminum teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri dalam mulut yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Penggunaannya adalah dengan mengonsumsi teh hijau setiap hari. Kalian enggak baka merasakan kerugian apapun, kok. Jadi, ganti minuman yang tidak sehat dengan teh hijau, ya.

5. Manfaat Teh Hijau untuk Tingkatkan Metabolisme

Manfaat Teh Hijau untuk Tingkatkan Metabolisme

Susah buang air besar? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh metabolisme yang lambat. Nah, untuk meningkatkan metabolisme tubuh, kalian dapat melakukannya dengan mengonsumsi teh hijau.

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang disebut katekin dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme. Kandungan tersebut membantu meningkatkan kadar hormon, norepinefin yang memberikan sinyal pada lemak yang tersimpan untuk dilepaskan ke dalam aliran darah sehingga dapat digunakan sebagai energi.

6. Teh Hijau Sering Digunakan Sebagai Teman Diet

Teh Hijau Sering Digunakan Sebagai Teman Diet

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak. Kandungan katekin di dalamnya rupanya juga dapat membakar lemak tubuh.

Meskipun sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, konsumsi teh hijau juga harus dibarengi dengan olahraga. Tak hanya itu, pengaturan pola makan juga dapat mempercepat program diet.

7. Teh Hijau dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Teh Hijau dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Selain menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat mengatasi kolesterol tinggi. Bahkan sebuah penelitian menyimpulkan bahwa teh hijau baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik. Polifenol dalam teh hijau yang kemungkinan mampu menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus membantu menyingkirkannya.

Antioksidan di dalam teh hijau juga memiliki kemungkinan efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, khususnya penyakit arteri koroner. Jadi, teh hijau mencegah resiko penyakit jantung.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...