Ketahui 7 Bahan Alami yang Manjur Mengobati Sariawan

Foto: Ketahui 7 Bahan Alami yang Manjur Mengobati Sariawan Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Penyebab sariawan sendiri cukup beragam, bukan hanya karena kekurangan vitamin C. Ini cara mengatasinya.

Kanal247.com - Seriawan atau yang sering disebut sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang menyiksa. Rasa perih yang ditimbulkannya terkadang membuat seseorang tidak nafsu makan.

Baca juga ...


Sariawan biasanya muncul pada bagian pipi, gusi, bibir dan lidah. Bentuknya bisa bulat atau oval, berwarna putih atau kuning dengan tepian yang merah. Selain itu, sariawan juga disertai dengan bengkak pada area yang terkena.

Penyebab sariawan sendiri cukup beragam, bukan hanya karena kekurangan vitamin C. Daya tahan tubuh lemah, kurangnya vitamin B12, asam folat dan infeksi bakteri atau virus tertentu juga dapat menyebabkan munculnya penyakit ini.

Nah, untuk mengatasi sariawan, kalian dapat menggunakan 7 bahan alami yanga ampuh banget. Simak di bawah ini.

1. Lidah Buaya untuk Menghilangkan Sariawat

Lidah Buaya untuk Menghilangkan Sariawat

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki manfaat sangat besar. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati sariawan lantaran mengandung antibakteri di dalamnya, Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, menghilangkan nyeri, mengurangi peradangan serta mempercepat proses penyembuhan.

Penggunaan lidah buaya sebagai obat sariawan sangat mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area yang terkena sariawan. Diamkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga sariawan dapat disembuhkan.

2. Cara Mengobati Sariawan dengan Minyak Kelapa

Cara Mengobati Sariawan dengan Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak ini mengandung memiliki kandungan utama asam laurat. Asam tersebut dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh sehingga sariawan dapat sembuh dengan bahan alami ini.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan minyak kelapa pada sariawan. setelah didiamkan selama beberapa saat, berkumurlah dengan air hangat. Selain minyak kelapa, air kelapa juga bisa kalian manfaatkan, kok. Air kelapa akan menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

3. Berkumur dengan Air Garam Agar Sariawan Sembuh

Berkumur dengan Air Garam Agar Sariawan Sembuh

Cara menyembuhkan sariawan yang paling populer adalah berkumur dengan air garam. Pasalnya, garam memiliki sifat antibakteri dan antiradang untuk mencegah sariawan berkembang lebih parah. Bumbu dapur ini juga akan menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi jamur sariawan yang tinggal di dalam mulut.

Caranya mudah, kalian hanya perlu mencampurkan garam ke satu gelas air hangat. Kemudian aduk rata hingga garam tercampur. Kumur menggunakan air tersebut lalu bilas dnegan air bersih. Lakukan kegiatan ini dua hari sekali, ya.

4. Kompres Sariawan dengan Es Batu

Kompres Sariawan dengan Es Batu

Es batu merupakan salah satu bahan yang dapat menyembuhkan sariawan. Saat sariawan membengkak dan terasa menyakitkan, kalian dapat mengompreskan es batu. Bahan ini akan memberikan rasa sejuk sehingga meringankan rasa sakit dan membuat bengkak menjadi kempis. Selain dikompreskan, kalian dapat mengulum es batu dan tempelkan pada area yang terasa nyeri hingga mencair sempurna.

5. Sembuhkan Sariawan dengan Susu

Sembuhkan Sariawan dengan Susu

Susu mengandung kalsium yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemak di dalamnya juga merupakan antivirus yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Tak hanya itu, susu juga memiliki kandungan magnesium yang akan mengatasi rasa sakit karena sariawan.

Untuk memanfaatkan susu, kalian dapat mengoleskan susu cair langsung pada area yang terkena sariawan. Selain itu, kalian dapat rutin meminum susu seperti biasa. Namun, jangan lupa untuk sengaja menempelkan susu pada sariawan, ya.

6. Atasi Sariawan dengan Irisan Bawang Putih

Atasi Sariawan dengan Irisan Bawang Putih

Nah, bahan alami selanjutnya adalah bawang putih. Bumbu dapur ini mampu mengobati sariawan berkat kandungan senyawa alisin. Senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

Penggunaannya hanya dengan mengiris barang putih menjadi dua bagian, Kemudian tempelkan pada bagian yang terkena sariawan. Cara ini memang sedikit menimbulkan rasa sakit, namun ampuh banget, lho.

7. Oleskan Madu Pada Sariawan

Oleskan Madu Pada Sariawan

Bahan alami yang terakhir adalah madu. Perlu kalian ketahui bahwa madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan. Madu juga dapat mempertahankan kelembapan bibir sehingga sariawan tidak begitu terasa menyakitkan.

Cara penggunaannya tidak sulit. Cukup oleskan madu pada sariawan atau sekaligus pada permukaan bibir. Kalian bisa menyimpan madu terlebih dahulu di dalam kulkas agar mendapatkan sensasi dingin. Lakukan secara rutin juga, ya.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...