6 Manfaat Menakjubkan Cuka Apel untuk Basmi Jerawat Hingga Bekasnya

Foto: 6 Manfaat Menakjubkan Cuka Apel untuk Basmi Jerawat Hingga Bekasnya Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Cuka apel ternyata mengandung sejumlah zat yang sangat baik untuk kecantikan kulit, apa saja?

Kanal247.com - Pernahkah kamu mendengar mengenai betapa bermanfaatnya cuka apel? Bukan cuma untuk bahan makanan saja, cuka apel ternyata sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan yang sangat bermanfaat. Mulai dari urusan kesehatan tubuh hingga kecantikan.

Baca juga ...


Cuka apel sendiri dibuat dengan cara meremas apel dan mengambil cairannya. Setelah mendapatkan cairan apel, kemudian bakteri dan ragi ditambahkan ke dalamnya. Hasilnya, akan terjadi proses fermentasi alkohol yang akan membuatnya terasa lebih asam.

Cuka apel diketahui memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Di antaranya seperti menurunkan berat badan, mengatur kadar gula dalam darah, mengatasi gangguan pencernaan, hingga menjaga kesehatan jantung.

Akan tetapi, bukan cuma manfaat itu saja lho yang bisa kamu peroleh. Ternyata, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk bidang kecantikan. Salah satunya adalah untuk membasmi masalah jerawat. Apa saja yang bisa dilakukan cuka apel untuk membasmi masalah jerawat yang membandel ini? Simak artikelnya sebagai berikut.

1. Kandungan Menakjubkan dalam Cuka Apel

Kandungan Menakjubkan dalam Cuka Apel

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu apa saja sih yang terkandung di dalam cuka apel ini. Ternyata, beberapa bahan menakjubkan ada di dalam cuka apel.

Cuka apel mengandung Pectin yang dikenal memiliki manfaat anti-aging. Selain itu, cuka apel juga mengandung vitamin B3 yang berguna untuk memperbaiki ukuran pori-pori yang besar dan juga meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin B3 juga dipercaya efektif sebagai perawatan akan jerawat.

Cuka apel juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Selain itu, kandungan magnesium yang berguna untuk mengurangi peradangan kulit kering dan meningkatkan hidrasi kulit juga terdapat dalam cuka apel.

2. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Salah satu manfaat cuka apel adalah mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Beberapa penelitian berusaha mengungkap soal ini.

Sebuah jurnal Mikrobiologi Terapan dan Bioteknologi serta Jurnal Internasional Ilmu Kosmetik menyebutkan bahwa kandungan asam asetat, asam sitrat dan asam suksinat mampu membunuh Propionibacterium acnes. Bakteri tersebut merupakan salah satu bakteri penyebab jerawat. Menakjubkannya, cuka apel mengandung zat-zat asam yang mampu membunuh bakteri tersebut.

3. Membantu Meredakan Bengkak Jerawat

Membantu Meredakan Bengkak Jerawat

Sebuah studi lain menemukan bahwa kandungan dalam cuka apel juga bisa membantu meredakan bengkak yang ditimbulkan oleh jerawat. Studi yang dikemukakan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology menyatakan bahwa kandungan asam laktat mampu mengurangi bengkak jerawat. Kandungan asam laktat ini juga ada dalam cuka apel.

Asam laktat juga terbukti mampu memperbaiki tekstrur, pigmentasi, penampilan kulit, serta mengurangi timbulnya jerawat. Kandungan dalam cuka apel juga mampu menekan peradangan yang disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes.

4. Mengurangi Bekas Luka Akibat Jerawat

Mengurangi Bekas Luka Akibat Jerawat

Cuka apel juga dipercaya mampu mengurangi bekas luka yang disebabkan karena jerawat. Ada banyak senyawa organik yang membantu dalam proses ini. Saat mengoleskan asam langsung ke wajah, proses itu disebut chemical peeling. Sementara itu, pengelupasan kimiawi yang dilakukan oleh asam suksinat juga bisa membantu menekan peradangan akibat jerawat. Hal itu membantu mencegah timbulnya jaringan parut.

Diketahui, jerawat dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan juga jaringan parut. Ketika kandungan asam ini dioleskan secara langsung ke kulit, maka asam organik dalam cuka apel akan membantu mengurangi tampilan bekas luka.

5. Membantu Melembutkan Kulit

Membantu Melembutkan Kulit

Bukan cuma membantu mengurangi timbulnya jerawat. Perawatan kecantikan menggunakan cuka apel ternyata juga bisa melembutkan kulit, lho.

Cuka apel mengandung banyak jenis asam, salah satunya adalah asam asetat. Nah, kandungan asam jenis inilah yang bisa membantu kulit menjadi lebih lembut.

6. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Cuka apel juga berperan penting dalam pengangkatan sel kulit mati dalam perawatan kulit. Cuka apel dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit yang sudah tua dan mati pada pori-pori kulit. Cuka apel juga bisa membantu meregenerasi jaringan kulit untuk pertumbuhan kulit yang sehat.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...