7 Kebiasaan Buruk Saat Tidur Ini Bisa Membuat Kulit Kalian Rusak

Foto: 7 Kebiasaan Buruk Saat Tidur Ini Bisa Membuat Kulit Kalian Rusak Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Perhatikan kebiasaan saat tidur agar kulit tetap sehat.

Kanal247.com - Pola tidur yang baik tidak hanya menjaga kebugaran tubuh keesokan paginya, namun juga merawat kulit kita. Selama tidur, hormon pertumbuhan akan memuncak dan mampu merangsang perbaikan sel dan jaringan kulit.

Baca juga ...


Ketika kualitas tidur berkurang, maka pertumbuhan hormon akan melambat dan berakibat proses perbaikan kulit pun terhambat. Jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama, maka kadar korsitol dalam tubuh akan meningkat dan pembentukan kolagen menjadi terhambat sehingga menyebabkan penuaan dini.

Perlu diketahui bahwa menjaga pola tidur juga tidak cukup. Kebiasaan sebelum dan saat tidur pun harus diperhatikan, lho.

Berikut 7 kebiasaan buruk yang harus dihindari saat sedang tidur. Simak lengkapnya di bawah ini.

1. Tidur Tengkurap Bikin Kulit Kendur

Tidur Tengkurap Bikin Kulit Kendur

Posisi tidur tengkurap mungkin menjadi salah satu posisi yang nyaman bagi sebagai orang. Namun, tahukah kalian bahwa posisi tersebut akan memberikan efek pembengkakan, khususnya pada mata?

Selain itu, posisi tengkurap akan mendorong cairan menumpuk di wajah dan memberikan tekanan wajah untuk mengendur dan kehilangan kolagen. Maka sebaiknya, kalian tidur dalam posisi telentang. Masalah penuaan dini bakal jauh dari kalian.

2. Tidur Miring di Satu Sisi

Tidur Miring di Satu Sisi

Seorang dokter kulit, Dr. Ava Shamban mengatakan bahwa orang yang tidur di satu sisi akan mendapatkan garis linier yang terbentuk dari garis rambut menuju ke area rahang. Jika dibiarkan kelamaan akan menimbulkan kerutan di wajah akibat posisi tidur yang tidak berubah. Hindari cara tidur seperti ini agar tidak mudah timbul kerutan di wajah, ya.

3. Tidur di Waktu yang Berbeda Tiap Malam

Tidur di Waktu yang Berbeda Tiap Malam

Usahakan saat tidur harus tepat waktu. Jadi, kalian harus memiliki konsistensi waktu saat tidur malam. Jika tidak, ritme sirkadian dapat terganggu yang kemudian mengakibatkan insomnia dan kelelahan.

Nah, saat terganggunya ritme sirkadian juga akan menyebabkan penuaan kulit. Sebut saja garis halus, keriput, kulit kasar, kering dan kusam bakal timbul pada wajah.

4. Tidur di Ruangan Panas

Tidur di Ruangan Panas

Tidur yang paling baik adalah ketika suhu ruangan dingin. suhu yang panas akan menyebabkan keringat bercucuran. Nah, buruknya, produksi keringat berlebih dapat menyebabkan kulit mati, minyak berlebih hingga membuat bakteri terperangkap di pori-pori kulit yang menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo dan masih banyak lagi. Untuk tetap menjaga kondisi kulit, pastikan kamar tidur dalam suhu yang sejuk, ya.

5. Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Tidak Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Nah, salah satu hal yang penting dilakukan sebelum tidur adalah membersihkan wajah dari makeup dan kotoran. Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran yang menumpuk seharian akan menyebabkan banyak masalah kulit seperti jerawat, komedo, bruntusan dan lain-lain.

Kalian harus membersihkan wajah dengan metode double cleansing ala cewek Korea Selatan. Mereka biasanya menghapus makeup terlebih dahulu dengan milk cleanser atau produk pembersih lainnya. Kemudian, kalian juga perlu membasuhnya kembali dengan sabun pembersih wajah.

6. Terlalu Banyak Menggunakan Produk Wajah

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Wajah

Produk perawatan wajah memang ampuh untuk membuat wajah mulus. Namun, kalau kebanyakan menggunakannya sebelum tidur bisa membahayakan kulit kalian. Sebaiknya untuk pemakaian produk perawatan, kalian harus mendiskusikannya pada ahli.

7. Tidak Minum Air Putih Sebelum Tidur

Tidak Minum Air Putih Sebelum Tidur

Air merupakan hal penting untuk kesehatan dan struktur di bawah kulit. Sel-sel tubuh membutuhkan air untuk regenerasi kulit saat kita tengah tidur. Jika dehidrasi terjadi, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga bisa menjadi kering, kusam dan tampak keriput.

Minum air putih sebelum tidur juga enggak perlu berlebihan. Pasalnya, jika terlalu banyak malah akan menyebabkan kalian terbangun di malam hari untuk buang air kecil dan tidur menjadi tidak berkualitas.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...