Patut Dicoba, 7 Tips Mudah Mengecilkan Perut dalam Seminggu

Foto: Patut Dicoba, 7 Tips Mudah Mengecilkan Perut dalam Seminggu
WowKeren dan Kanal247


Perut buncit sendiri disebabkan karena gaya hidup dan pola makan kalian yang tidak baik.

Kanal247.com - Salah satu bagian tubuh yang sulit untuk dikecilkan dengan menjalani diet adalah perut. Hal ini tentu menjadi masalah bagi sebagian orang terutama wanita lantaran menyebabkan tidak percaya diri.

Baca juga ...


Selain itu, perut yang buncit akan menyusahkan kalian untuk memilih pakaian. Dengan sangat terpaksa kalian harus meninggalkan pakaian ketat yang bakal menonjolkan lemak di perut.

Perut buncit sendiri disebabkan karena gaya hidup dan pola makan kalian yang tidak baik. Sebut saja jarang berolahraga, konsumsi camilan, makan sebelum tidur dan masih banyak lagi bisa menyebabkan timbunan lemak di perut kalian.

Untuk mengatasi hal ini, coba terapkan 7 tips mengecilkan perut hanya dalam satu minggu. Lengkapnya ada di bawah ini.

1. Minum Smoothie Setiap Pagi

Minum Smoothie Setiap Pagi

Smoothie adalah pilihan yang paling tepat saat diet. Minuman dari buah-buahan ini dapat menjaga hidrasi tubuh dan mendukung upaya meratakan perut. Buah yang paling cocok diolah menjadi smoothie untuk mengecilkan perut adalah semangka dan nanas.

Semangka mengandung asam amino yang disebut arginina. Dalam studi yang diterbitkan pada Journal of Nutrition, arginina dapat mengurangi lemak di tubuh dan meningkatkan massa otot. Sedangkan nanas memiliki kandungan bromelin, enzim yang membantu memecah protein, mempermudah proses pencernaan dan menghilangkan kembung.

Nah, untuk membuat smoothie, bahan yang harus diperhatikan adalah susu. Kalian harus menggunakan susu bebas lemak. Selain itu, gunakan es batu secukupnya hingga mendapatkan konsistensi yang kalian inginkan.

2. Ganti Kebiasaan Konsumsi Soda dan Alkohol dengan Air Mineral

Ganti Kebiasaan Konsumsi Soda dan Alkohol dengan Air Mineral

Teman terbaik saat diet adalah air mineral. Sejatinya, air memang menjadi kebutuhan setiap hari. Namun, perannya semakin penting jika kalian sedang berniat untuk mengecilkan perut buncit. Konsumsi air mineral dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang mengurangi penimbunan air. Seperti diketahui, hal ini menjadi salah satu penyebab perut buncit.

Selain itu, memperbanyak minum air mineral akan membuat kalian merasa kenyang sehingga tidak terlalu banyak makan. Air juga memecah lemak menjadi energi dan mengangkut nutrisi ke otot untuk memelihara metabolisme. Kalian bisa menambahkan irisan lemon, mentimun ke dalamnya agar memperkaya rasa.

3. Konsumsi Air Jahe Dapat Mengecilkan Perut

Konsumsi Air Jahe Dapat Mengecilkan Perut

Air jahe tak hanya minuman yang digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin. Rupanya air jahe punya manfaat untuk membantu meratakan perut buncit, lho. Jahe akan menenangkan saluran gastrointestinal dan mengurangi kembung. Untuk mengonsumsinya, kalian bisa memasukkan jahe dalam segelas teh hangat atau merebusnya dengan air.

4. Makan Sesering Mungkin Namun Sedikit

Makan Sesering Mungkin Namun Sedikit

Nah, untuk mengecilkan perut, kalian juga harus mengatur pola makan. Kalian pasti tahu bahwa pola makan yang paling baik adalah 3 hari sekali. Namun, untuk dapat menghilangkan perut buncit dalam satu minggu, kalian harus menyingkirkan kebiasaan tersebut.

Ubahlah pola makan menjadi lima atau enam hari sekali. Eits, tapi tetap dalam porsi yang kecil. Dalam 2 hingga 3 jam sekali, kalian tak perlu terus mengonsumsi makanan berat, selingi dengan camilan sehat seperti buah atau yogurt. Cara makan ini akan membuat perut tidak penuh, tidak melar, tetap kenyang dan metabolisme lancar.

5. Pilih Makanan yang Kaya Akan Kalium Seperti Pisang, Alpukat dan Lainnya

Pilih Makanan yang Kaya Akan Kalium Seperti Pisang, Alpukat dan Lainnya

Kalium merupakan diuretik alami sehingga akan membantu mengurangi retensi urine dan kembung. Kandungan ini baik banget untuk membantu mengecilkan perut buncit. Nah, asupan kalium bisa kalian dapatkan dari makanan seperti alpukat, pisang, pepaya, mangga, blewah dan masih banyak lagi.

6. Kurangi Asupan Makanan Serat Tingggi Seperti Kembang Kol, Brokoli, dan Lainnya

Kurangi Asupan Makanan Serat Tingggi Seperti Kembang Kol, Brokoli, dan Lainnya

Untuk mengecilkan perut buncit, kalian perlu menghindari makanan berserat tinggi seperti brokoli, kacang-kacangan, kubis brussel dan kembang kol lantaran menyebabkan gas dan kembung. Kalian enggak perlu menghindari makanan ini selamanya, kok.

Ketika satu minggu berakhir, kalian dapat mengonsumsi makanan tersebut secara bertahap. Kalian perlu menyesuaikan pola makan agar kebutuhan serat terpenuhi dan perut tetap rata pastinya.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Hal yang paling penting untuk mengecilkan perut dalam satu minggu adalah olahraga secara rutin. Studi yang dilakukan Universitas Duke di Amerika menemukan bahwa olahraga aerobika adalah cara paling efektif untuk membakar lemak perut. Olahraga ini juga akan membakar kalori 67% lebih banyak daripada olahraga yang mengombinasikan kardio dan ketahanan.

Melakukan olahraga pun harus secara rutin. Paling tidak sempatkan tubuh bergerak aktif selama sekitar 30 menit setiap hari. Lebih baik lagi kalau durasinya ditambah.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...