6 Tips Ampuh Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari

Foto: 6 Tips Ampuh Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari
WowKeren dan Kanal247


Susah tidur di malam hari? Coba terapkan 6 tips ampuh ini.

Kanal247.com - Tidur dengan nyaman dan nyenyak di malam hari merupakan sesuatu yang penting. Tubuh membutuhkan waktu istirahat total selama minimal 6 hingga 8 jam sehari agar kembali segar keesokan harinya serta organ-organ berfungsi dengan baik.

Baca juga ...

Sayangnya, bagi sebagian orang mendapatkan tidur yang berkualitas tidak mudah. Hal ini akan menyebabkan suasana hati buruk hingga sulit berkonsentrasi ketika kalian harus memulai aktivitas.


Untuk mengatasi hal tersebut, mari terapkan 6 tips ampuh ini. Ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Mandi Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu cara untuk merilekskan diri. Suhu tubuh akan turun dan masuk ke kamar yang sejuk setelah mandi air hangat sehingga lebih mudah tertidur. Studi juga menunjukkan bahwa mandi bersantai memiliki efek yang baik pada lansia (usia 67-83 tahun) dan muda (usia 17-23 tahun). Hal ini akan membuat kalian dapat tidur tanpa banyak gerakan setidaknya tiga jam.

Sebaiknya kalian mandi air hangat beberapa jam sebelum tidur. Gunakan suhu yang tepat sekitar 37 derajat celcius. Kalian juga cukup mandi minimal 20 menit. Jangan terlalu lama, ya.

2. Sebelum Tidur Sebaiknya Hindari Kafein dan Rokok

Sebelum Tidur Sebaiknya Hindari Kafein dan Rokok

Tidur tidak akan nyenyak jika kalian mengonsumsi minuman berkafein atau produk yang bernikotin seperti rokok. Efek dari minuman tersebut dan rokok akan bertahan selama beberapa jam di sistem tubuh sehingga menyulitkan untuk tidur nyenyak. Selain itu, jenis depresan seperti alkohol akan mengacaukan kualitas tidur meskipun sebelumnya membuat kalian mengantuk.

Lebih baik, kalian menggantikan kopi dengan susu hangat sebelum tidur. Pasalnya, susu akan membantu tubuh menghasilkan melatonin, hormon yang dapat mengatur siklus bangun dan tidur. Produksi melatonin dapat membantu tubuh mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh siap tidur.

3. Jangan Makan Malam Terlalu Berat

Jangan Makan Malam Terlalu Berat

Sebelum tidur, sebaiknya kalian tidak mengisi perut dengan makanan berat. Perlu kalian ketahui bahwa makanan berlemak lebih sulit dicerna oleh perut sehingga kalian akan sulit tidur dan bisa-bisa terjaga sepanjang malam. Selain itu, makanan pedas juga harus dihindari ketika akan tidur, rasa panas di perut akan mengganggu kualitas tidur kalian.

Makan malam sebaiknya diatur 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Sehingga tubuh masih memiliki waktu untuk mencerna makanan. Jika tiba-tiba merasa lapar saat malam hari, pisang akan menjadi camilan yang tepat untuk mengganjal perut lantaran mengandung pelemas otot alami seperti magnessium, potassium, vitamin B6 yang akan membantu kalian mengurangi kesulitan tidur.

4. Rapikan Tempat Tidur Agar Tidur Nyenyak

Rapikan Tempat Tidur Agar Tidur Nyenyak

Menjaga kebersihan kasur sangat penting agar tidur lebih nyaman dan nyenyak. Fakta menunjukkan bahwa kamar tidur yang rapi dan bersih dapat membuat penggunanya tidur dengan nyenyak. Hal ini berhubungan dengan efek psikologis yang ditimbulkan.

Selain itu, pastikan kalian rajin mengganti seprai, sarung bantal, gulung dan selimut. Perlengkapan tidur yang bersih juga membuat kalian lebih mudah tidur. Kalian juga akan terhindari dari penyakit dan masalah kulit.

5. Redupkan Cahaya Lampu

Redupkan Cahaya Lampu

Kamar tidur yang nyaman tidak hanya berhubungan dengan kasur, namun juga suasana dan pencahayaan. Tubuh secara alamiah akan merespon kondisi pencahayaan di sekitar kalian dan menyesuaikan kemampuan tidur dengan kondisi tersebut. Jika kalian mendapat cahaya matahari yang cukup di siang hari dan secara signifikan mengurangi cahaya di malam hari, maka tidur akan lebih nyenyak, lho.

Selain mengurangi cahaya di dalam kamar, kalian juga bisa meletakkan lilin aroma terapi atau wewangian agar suasana lebih nyaman. Beberapa wewangian seperti lavender, vanila dan bunga melati ampuh membuat tidur lelap.

6. Hindari Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Hindari Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Semakin banyak waktu yang kalian habiskan untuk melihat gadget seperti ponsel dan laptop, otak akan cenderung berpikir bahwa hari masih siang. Selain itu, paparan cahaya dari layar gadget dapat menurunkan kadar hormon melatonin dalam tubuh hingga 23 persen.

Sebaiknya kalian menyimpan gadget dua hingga tiga jam sebelum tidur. Hal ini juga baik agar mata dapat beristirahat dan tetap sehat. Kalian juga perlu menaruh jauh-jauh ponsel agar tidak tergoda untuk membuka notifikasi yang masuk.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...