Tips Mengusir Nyamuk dengan 7 Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Foto: Tips Mengusir Nyamuk dengan 7 Bahan Alami yang Mudah Ditemukan Dreamstime
WowKeren dan Kanal247


Tak perlu menggunakan bahan kimia berbahaya, yang alami-alami juga bisa mengusir nyamuk, kok.

Kanal247.com - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang keberadaannya tidak disukai oleh manusia. Selain membuat risih, nyamuk mendatangkan berbagai penyakit mematikan. Sebut saja demam berdarah, malaria, kaki gajah, demam kuning dan masih banyak lagi dapat menyerang manusia.

Baca juga ...


Berbagai cara dilakukan untuk membasmi nyamuk. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan adalah hal utama yang perlu dilakukan. Menutup tempat penampungan air juga menjadi salah satunya.

Nah, selain itu, banyak orang yang menggunakan obat nyamuk berupa semprotan, elektris maupun bakar. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa bahan-bahan tersebut berpengaruh buruk pada tubuh walaupun banyak obat nyamuk yang mengklaim telah aman.

Untuk menggantikan obat nyamuk yang beredar di pasaran, kalian bisa menggunakan 7 bahan alami yang mudah ditemukan ini. Lengkapnya simak di bawah ini, ya.

1. Basmi Nyamuk dengan Kulit Jeruk

Basmi Nyamuk dengan Kulit Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang banyak beredar di pasaran. Selain harganya yang murah, manfaat dan nutrisi buah satu ini juga besar untuk tubuh. Salah satu manfaat yang pasti kalian sudah ketahui adalah untuk mengusir nyamuk.

Rupanya, nyamuk sangat membenci senyawa lemonen yang terkandung dalam kulit jeruk. Senyawa ini dapat merusak zat pelindung sistem pernapasan serangga. Nah, yang perlu kalian gunakan hanya kulit jeruknya saja. Letakkan beberapa kulit jeruk di bawah kasur semalaman. Jika sudah mengering segera gantikan dengan yang baru lantaran kulit jeruk kering malah akan mengundang nyamuk.

2. Serai Dapat Mengusir Nyamuk

Serai Dapat Mengusir Nyamuk

Selain jeruk, serai merupakan tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Hal ini disebabkan kandungan atsiri dan sitronela di dalamnya. Kandungan tersebut juga yang membuat serai sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar obat pengusir nyamuk.

Untuk menggunakannya, kalian dapat membeli minyak serai yang banyak di jual. Kalian dapat menaruhnya di dalam wadah sebagai penyegar ruangan alami. Selain itu, cara lainnya adalah dengan merebus serai selama beberapa menit. Gunakan air rebusan serai tersebut untuk mengepel seluruh lantai rumah. Jangan lupakan bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti kolong meja, lemari dan sebagainya. Lakukan kira-kita pada sore hari.

3. Kemangi Bakal Bikin Nyamuk Menjauh

Kemangi Bakal Bikin Nyamuk Menjauh

Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan. Kemangi dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang dapat menyingkirkan bau badan jika rajin di konsumsi secara rutin. Rupanya, makanan satu ini juga dapat mengusir nyamuk dengan senyawa zat geraniol di dalamnya, lho. Sama seperti sebelumnya, nyamuk juga tidak menyukai bau kemangi yang berasal dari zat tersebut.

Cara penggunaannya mudah. Kalian hanya perlu mengambil beberapa daun kemangi dan menghaluskannya. Oleskan pada bagian tubuh seperti tangan dan kaki. Bahan ini ampuh banget digunakan ketika dalam keadaan mendesak.

4. Rajin Konsumsi Bawang Putih

Rajin Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan makanan yang tidak boleh terlupakan. Banyak orang yang tidak gemar mengonsumsi bawang putih karena baunya yang menyengat. Rupanya nyamuk pun juga tidak menyukai bau tersebut. Bawang putih memiliki kandungan nicoticin acid yang dapat membuat nyamuk ogah mendekat.

Untuk memanfaatkan bawang putih kalian dapat langsung mengonsumsinya secara rutin. Minyak yang terdapat dalam bawang putih akan dilepas melalui pori-pori setelah memakannya. Jika tidak menyukai rasanya, kalian dapat merebus bawang putih di air secukupnya. Kemudian diamkan sejenak dan masukkan ke dalam wadah. Semprotkan air rebusan tersebut pada daerah rumah yang menjadi sarang nyamuk.

5. Rasa Pedas Lada Hitam akan Menyingkirkan Nyamuk

Rasa Pedas Lada Hitam akan Menyingkirkan Nyamuk

Bumbu dapur selanjutnya yang dapat menjadi pengusir nyamuk adalah lada hitam. Hal ini disebabkan aroma pedas yang menyengat yang dimiliki bumbu ini. Kalian bisa menaruhnya di beberapa sudut ruangan yang menjadi lokasi nyamuk bersarang. Jangan lupa jauhkan dari jangkauan anak-anak, ya.

6. Gunakan Kayu Manis untuk Membasmi Nyamuk

Gunakan Kayu Manis untuk Membasmi Nyamuk

Kayu manis memiliki senyawa kimia cinnamaldehyde yang tidak disukai oleh nyamuk terutama jenis aedes aegytpti yang menyebabkan demam berdarah. Selain nyamuk, rupanya semut juga tidak menyukai senyawa kimia tersebut.

Pemanfaatan kayu manis cukup mudah. Kalian harus memarut terlebih dahulu kayu manis sebelum menaburkannya ke sudut ruangan. Selain itu, cara lainnya adalah dengan merebus kayu manis dan menyemprotkan airnya pada tubuh.

7. Jangan Lupakan Marigold untuk Mengusir Nyamuk

Jangan Lupakan Marigold untuk Mengusir Nyamuk

Marigold merupakan jenis tumbuhan yang mungkin sedikit asing di telinga kalian. Namun, jika sudah melihat bentuknya, kalian pasti sudah mengetahui tanaman ini. Marigold banyak tersebar bahkan di pinggir-pinggir jalan.

Nah, marigold rupanya mengeluarkan aroma wangi yang membuat nyamuk mabuk dan pusing. Kalian dapat memelihara tanaman satu ini di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...