Bangga, 9 Artis Ini Ternyata Masih Keturunan Pahlawan Indonesia

Foto: Bangga, 9 Artis Ini Ternyata Masih Keturunan Pahlawan Indonesia Instagram
WowKeren dan Kanal247


Sambut hari Pahlawan 10 November, ketahui banyak artis Indonesia yang ternyata masih keturunan pahlawan Indonesia

Kanal247.com - Setiap tanggal 10 November di Indonesia selau diperingati sebagai Hari Pahlawan. Penetapan tersebut dilakukan untuk mengenang perjuangan Arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945 silam.

Baca juga ...


Untuk merayakan hari tersebut, berbagai acara digelar. Selain upacara untuk menghormati jasa para pahlawan, beberapa penghargaan untuk para veteran yang masih hidup juga dilakukan.

Perasaan bangga luar biasa terhadap para pahlawan rupanya juga dirasakan sederet artis Indonesia ini. Ya, ternyata darah seorang pahlawan masih mengalir di tubuh mereka. Menjadi seorang keturunan pahlawan, para artis ini mengaku sangat bangga.

Meski sebagian telah tahu bahwa mereka merupakan keturunan pahlawan, sebagian lain mengaku awalnya tak tahu dan tak menyangka lho kalau dirinya adalah keturunan orang yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Penasaran siapa saja para artis ini? Langsung saja simak daftarnya sebagai berikut, ya.

1. Ricky Harun dan Jeje Soekarno Cicit dari Mantan Presiden Indonesia Ir. Soekarno

Ricky Harun dan Jeje Soekarno Cicit dari Mantan Presiden Indonesia Ir. Soekarno Instagram

Aktor bersaudara Ricky Harun dan Jeje Soekarno masuk dalam daftar artis Indonesia yang masih memiliki keturunan seorang pahlawan. Ibu mereka, yakni Donna Harun, menikah dengan salah satu cucu Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Pernikahan Donna dengan Rommy Soekarno tersebut kemudian melahirkan adik tiri Ricky yang bernama Jeje. Kendati bukan cicit langsung dari mantan Presiden Soekarno, Ricky sendiri kerap mendengar banyak cerita tentang kakek buyutnya itu dari sang ayah tiri.

Menjadi seorang cicit salah satu Pahlawan Nasional Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri untuk Ricky. Ia juga mengaku banyak mengambil pelajaran dari sifat kakek buyutnya tersebut, salah satunya adalah mengenai disiplin diri.

2. Setiawan Djody Merupakan Cucu dari Pahlawan Nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo

Setiawan Djody Merupakan Cucu dari Pahlawan Nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo

Darah seorang pahlawan ternyata juga mengalir di tubuh aktor Setiawan Djody. Pria berusia 69 tahun tersebut masih keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia. Setiawan yang lahir dan besar di Solo lantas terknal dengan grup musik [c=SWAMI] ini adalah cucu dari Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Dr. Wahidin Sudirohusodo sendiri merupakan seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau merupakan salah satu penggagas berdirinya organisasi kebangkitan nasional, Budi Utomo.

3. Asri Welas Tak Menyangka Jadi Keturunan Pangeran Diponegoro

Asri Welas Tak Menyangka Jadi Keturunan Pangeran Diponegoro Instagram

Artis Indonesia selanjutnya yang ternyata masih merupakan keturunan seorang pahlawan adalah Asri Welas. Wanita yang dikenal kocak ini ternyata masuk dalam silsilah sebagai salah satu keturunan ke-7 Pangeran Diponegoro.

Awalnya Asri tak mengetahui perihal dirinya yang masih merupakan keturunan Pangeran Diponegoro. Iapun tak menyangka seklaigus bangga. ”Aku tahunya too late ya, sekitar satu atau dua tahun ini. Enggak nyangka sekaligus bangga lah, karena tahu perjuangan kakek buyutku itu sangat mulia. Coba cek lagi di buku-buku sejarah bagaimana besarnya peran Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah,” kenang Asri pada saat itu.

4. Dewi Yull Merupakan Cucu dari Bapak Pers Nasional R. M. Tirto Adhi Soerjo

Dewi Yull  Merupakan Cucu dari Bapak Pers Nasional R. M. Tirto Adhi Soerjo Instagram

Menjadi penyanyi yang merupakan keturunan dari seorang pahlawan tentu saja membuat Dewi Yull sangat bangga. Ya, ia mewarisi darah salah satu pahlawan Indonesia, yakni R. M. Tirto Adhi Soerjo. Kakeknya tersebut merupakan Bapak Pers Indonesia.

R. M. Tirto Adhi Soerjo sendiri merupakan pencetus kewartawanan dan juga persuratkabaran Indonesia. Kakek pelantun "Kau Bukan Dirimu" tersebut juga menerbitkan surat kabar nasioanl pertama di Indonesia yang bernama Medan Prijaji.

5. Karina Salim Merupakan Cucu dari Pahlawan Nasional H. Agus Salim

Karina Salim  Merupakan Cucu dari Pahlawan Nasional H. Agus Salim Instagram

Selanjutnya ada aktris cantik Karina Salim. Darah seorang pahlawan juga mengalir di tubuhnya. Diketahui, Karina masih merupakan keturunan dari Pahlawan Nasional Indonesia, H. Agus Salim.

Karina merasa sangat bangga dan banyak sekali belajar dari sosok sang kakek yang merupakan mantan Menteri Luar Negeri pada era Presiden Ir. Soekarno. "Keluarga sering bilang, kalau beliau itu pintar sekali. Dia juga menguasai banyak banget bahasa dan dia belajar itu sendiri. Aku jadi paham makna pemimpin tanpa kenal pamrih, karena emang saat jadi pemimpin dia mau hidup melarat. Artinya dia tidak serta merta menggunakan fasilitas yang diberikan negara," kenang Karina pada saat itu.

6. Nia Iskandar Dinata Cucu dari Pahlawan Otto Iskandardinata

Nia Iskandar Dinata  Cucu dari Pahlawan Otto Iskandardinata Instagram

Ditilik dari namanya, Nia Iskandar Dinata alias Nia Dinata sudah tersirat bahwa darah pahlawan masih mengalir di tubuhnya. Nia ternyata merupakan cucu dari Otto Iskandardinata.

Ya, sosok sutradara kondang yang satu ini memang masih keturunan dari tokoh penting BPUPKI tersebut. Otto juga sempat diangkat menjadi Menteri Negara di era Presiden Soekarno. Sosok sang kakek bahkan masih terpampang di uang pecahan Rp 20.000.

7. Dian Sastro Merupakan Cucu dari Pahlawan Sunario Sastrowardoyo

Dian Sastro Merupakan Cucu dari Pahlawan Sunario Sastrowardoyo Instagram

Selanjutnya ada aktris cantik Dian Sastro yang juga masih memiliki keturunan seorang pahlawan. Lawan main Nicholas Saputra dalam film "Aruna dan Lidahnya" ini merupakan cucu dari Pahlawan Nasional Prof. Sunario Sastrowardoyo.

Sosok sang kakek merupakan seorang yang sangat penting dalam peristiwa Konggres Pemuda II. Mendiang Sunario Sastrowardoyo juga menjadi pelopor sejarah nasional Manifesto pada tahun 1925.

Rupanya, Dian memang lahir dari sebuah keluarga yang terdiri atas orang-orang penting di Indonesia, “Memang beliau bukan kakek saya langsung. Eyang Sunario itu kakak dari kakek saya, Sumarsono Sastrowardoyo. Kalau Subagyo Sastrowardoyo yang penyair itu adik dari kakek saya,” ugkap Dian menceritakan sosok penting tersebut.

8. Maia Estianty Kelahiran Surabaya dan Keturunan Pahlawan HOS Tjokroaminoto

Maia Estianty Kelahiran Surabaya dan Keturunan Pahlawan HOS Tjokroaminoto Instagram

Nama Maia Estianty juga turut menjadi salah satu artis Indonesia yang memiliki darah seorang pahlawan. Ibu kandung dari Al, El, dan Dul ini adalah keturunan dari HOS Tjokroaminoto.

Menariknya, Maia juga merupakan asli Surabaya, di mana dikenal sebagai Kota Pahlawan. HOS Tjokroaminoto yang merupakan seorang pemimpin Sarekat Islam tersebut merupakan sosok yang sangat penting di dunia pendidikan.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel