Tak Perlu Ke Dokter, Ini 8 Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Foto: Tak Perlu Ke Dokter, Ini 8 Tips Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami
WowKeren dan Kanal247


Sakit tenggorokan sangat mengganggu karena rasa gatal, bengkak dan nyeri saat menelan. Atasi dengan tips di bawah ini.

Kanal247.com - Sakit tenggorokan biasanya banyak dialami seseorang saat akan terserang pilek dan flu. Menderita sakit tenggorokan tentu membuat keseharian kalian tidak nyaman lantaran rasa sakit atau panas sehingga membuat kalian mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

Baca juga ...


Penyebab sakit tenggorokan cukup beragam. Pada umumnya, infeksi virus menjadi penyebab paling banyak dari penyakit ini. Selain itu, bakteri, alergi, udara kering dan polusi udara juga dapat membuat tenggorokan terasa nyeri.

Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya kalian segera mengatasi sakit tenggorokan sebelum semakin parah. Kalian bisa memeriksakannya ke dokter atau melakukan beberapa cara ampuh sebagai pencegahan pertama.

Berikut terdapat 8 cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Simak di bawah ini, ya.

1. Rebusan Kayu Manis dan Madu untuk Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Rebusan Kayu Manis dan Madu untuk Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Kayu manis merupakan bahan dapur yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antivirus serta antibakteri. Senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Maka, pembengkakan, rasa sakit dan peradangan akan segera berkurang dengan mengonsumsi kayu manis.

Untuk membuat obat sakit tenggorokan dari kayu manis, kalian juga membutuhkan madu asli yang dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit tersebut. Cukup merebus bubuk atau batang kayu manis di dalam air. Setelah mendidih, masukkan dua sendok madu. Konsumsi minuman ini saat masih hangat dan secara rutin dua hingga tiga kali sehari hingga sakit tenggorokan sembuh.

2. Atasi Sakit Tenggorokan dengan Berkumur Air Garam

Atasi Sakit Tenggorokan dengan Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah cara tradisional yang sudah digunakan sangat lama untuk mengobati sakit tenggorokan. Metode satu ini masih sering digunakan karena terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit tersebut. Hal ini karena garam akan menarik air dari dalam sel membran mukus sehingga mengurangi pembengkakan dan membantu menenangkan tenggorokan. Selain itu, air garam juga memiliki sifat antiseptik yang akan membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang menyebabkan rasa sakit.

Cara membuat air garam untuk sakit tenggorokan sangat mudah. Kalian hanya perlu melarutkan garam di dalam air hangat. Setelah itu kumur selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi beberapa kali lagi hingga larutan tersebut habis. Jangan lupa lakukan hal ini setiap hari.

3. Minum Air Lemon dan Madu untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Minum Air Lemon dan Madu untuk Meredakan Sakit Tenggorokan

Lemon memiliki properti astingent yang dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang akan mematikan virus serta bakteri penyebab iritasi. Rasa air perasan lemon mungkin terlalu kuat dan asam, kalian dapat mencampurkan madu untuk membuatnya lebih manis.

Untuk membuatnya, peras lemon hingga mengeluarkan air. Kemudian masukkan secangkir air hangat dan madu. Aduk hingga rata dan obat sakit tenggorokan siap dikonsumsi.

4. Manfaat Air Bawang Putih Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Manfaat Air Bawang Putih Sembuhkan Sakit Tenggorokan

Bawang putih diketahui mengandung antiseptik dan antibakteri. Bahan dapur ini juga mampu melawan infeksi dan memperkuat sistem imun kalian. Selain itu, kandungan alicin di dalam bawang putih merupakan komponen utama yang ampuh meredakan radang tenggorokan.

Kalian dapat mengunyah langsung bawang putih untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun, kalian juga bisa membuatnya sebagai kaldu. Pertama, haluskan dua siung bawang putih kemudian masukkan ke dalam air panas. Tambahkan sejumput garam dan minum secara rutin.

5. Konsumsi Sup Ayam Saat Sakit Tenggorokan

Konsumsi Sup Ayam Saat Sakit Tenggorokan

Makanan satu ini mungkin akan jadi yang paling nikmat di antara semuanya. Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa sup ayam memperlambat gerakan jenis sel imun tertentui. Gerakan sel yang melambat akan menjadikannya lebih efektif. Sup ayam juga meningkatkan gerakan bulu hidung yang dapat membantu mengurangi infeksi. Wah, sudah enak, bermanfaat pula.

Nah, sebagai obat sakit tenggorokan, pastikan memasak makanan terbut dari ayam segar. Jangan menggunakan sup ayam kalengan atau kaldu ayam bungkusan.

6. Minum Campuran Bubuk Cabai Merah dan Madu

Minum Campuran Bubuk Cabai Merah dan Madu

Saat sakit tenggorokan, kalian harus menghindari makanan yang pedas. Namun, minuman dari bubuk cabai ampun untuk meredakan sakit tenggorokan, lho. Cabai berperan sebagai pemicu iritasi yang bersifat menangkal pemicu sebenarnya.

Cara membuatnya cukup mudah, kok. Kalian hanya perlu memasukkan bubuk cabai pada air panas. Kemudian tambahkan madu hingga rasanya tak begitu pedas. Lalu biarkan dingin dan minum secara perlahan.

7. Jaga Tenggorokan Tetap Lembap dengan Minum Air Putih

Jaga Tenggorokan Tetap Lembap dengan Minum Air Putih

Tak perlu repot-repot minum obat, dengan mengonsumsi air putih yang banyak kalian dapat meringankan rasa sakit pada tenggorokan. Saat kalian kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup liur untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Maka hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Konsumsilah air putih secara rutin 8 gelas per hari. Lebih baik lagi jika kalian mengonsumsinya secara lebih hingga urin tidak berwarna. Selain itu, tak hanya air putih yang dapat memenuhi kebutuhan carian, kalian dapat mengonsumsi air jahe, air kayu manis dan lainnya.

8. Mandi Air Hangat dapat Sembuhkan Sakit Pada Tenggorokan

Mandi Air Hangat dapat Sembuhkan Sakit Pada Tenggorokan

Ketika menderita sakit tenggorokan, sangat disarankan untuk mkandi dengan air hangat. Menghirup udara lembap dapat menjadi obat alami penyakit satu ini. Pembengkakan dan hidung mampet juga akan teratasi, lho.

Kalian dapat berendam air hangat dan mencampurkan minyak esensial ke dalam bak mandi. Selain itu, terdapat cara lain, yakni dengan menguapi wajah dengan mendidihkan sepanci air. Tempatkan wajah di atas panci dan kenakan handuk di atas kepala sehingga uap akan mencapai hidung serta tenggorokan. Sebelumnya, pastikan api telah dimatikan, ya.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...