Gemar Menghias Kuku? Ikuti 7 Ini Tips Agar Kuteks Tahan Lama

Foto: Gemar Menghias Kuku? Ikuti 7 Ini Tips Agar Kuteks Tahan Lama
WowKeren dan Kanal247


Mau tahu rahasia cat kuku yang awet? Simak artikel ini, ya.

Kanal247.com -


Merawat dan mempercantik kuku merupakan salah satu hobi sebagian wanita. Meskipun hanya bagian kecil dari tubuh, kuku tak pernah luput dari perhatian. Hal itu dianggap sebagai kegiatan yang menyenangkan diri dan refreshing.

Biasanya para wanita bakal memperindah kuku mereka dengan menggunakan kuteks atau cat kuku. Tren penggunaan kuteks pun semakin beragam. Di masa kini semakin banyak warna dan model kreasi cat kuku.

Baca juga ...

Nah, bagi kalian yang suka menggunakan kutek, yuk intip 7 tips ini agar cat kuku berhatahan lebih lama. Simak di bawah ini, ya.

1. Jangan Mengocok Botol Cat Kuku

Jangan Mengocok Botol Cat Kuku

Sebelum memoles cat kuku, sebagian orang terbiasa mengocok atau menggoyang-goyangkannya terlebih dahulu. Hal tersebut rupanya menjadi salah satu penyebab kuteks tidak menempel dengan baik lantaran adanya gelembung udara di dalam cairan cat kuku yang muncul.

Ganti kebiasaan mengocok botol kuteks dengan memilin botol cat kuku secara perlahan dengan kedua telapak tangan. Jadi, kuteks akan terhindar dari gelembung udara.

2. Oleskan Serum Agar Kuku Kuat

Oleskan Serum Agar Kuku Kuat

Jika kalian gemar menggunakan kuteks, sebaiknya kesehatan kuku juga harus dijaga. Kuku yang terlalu sering dillapisi dengan kuteks akan terlihat kuning dan semakin rapuh. Kuku bisa saja tiba-tiba mengelupas atau bahkan patah.

Oleskan serum khusus kuku untuk menghindari hal tersebut. Nutrisi di dalam serum akan melindungi kuku meski ditimpa oleh lapisan bahan kimia dalam kuteks. Kalian dapat memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan Base Coat Sebelum Kuteks

Gunakan Base Coat Sebelum Kuteks

Selain serum, sebaiknya kalian melapisi kuku dengan base coat terlebih dahulu sebelum kuteks. Hal ini dilakukan agar pori-pori kuku lebih baik dan mengunci warna cat kuku pada kulit. Fungsinya hampir sama dengan primer untuk riasan wajah.

Tidak semua orang memiliki lapisan kuku yang rata. Nah, base coat ini akan menutupi kekurangan tersebut. Goresan di permukaan kuku juga bisa rata, lho.

4. Aplikasikan Kuteks dengan Searah dan Tak Berlapis

Aplikasikan Kuteks dengan Searah dan Tak Berlapis

Cara mengaplikasikan cat kuku juga perlu diperhatikan. Jangan menggunakan kuteks berlapis-lapis. Cat kuku yang terlalu tebal akan membuatnya menggumpal dan sulit kering. Selain itu, Pastikan kalian memoleskannya secara searah. Mulai dari dasar kuku hingga bagian ujung.

5. Hindari Kontak dengan Air Hangat Selama 6 Jam

Hindari Kontak dengan Air Hangat Selama 6 Jam

Setelah cat kuku mengering, hindari kontak dengan air hangat selama minimal enam jam. Perlu diketahui bahwa air hangat dapat merusak cat kuku sekaligus membuatnya cepat terkelupas. Perhatikan hal ini agar cat kuku lebih tahan lama, ya.

6. Rendam Air Dingin Setelah Cat Kuku Kering

Rendam Air Dingin Setelah Cat Kuku Kering

Rendam kuku jari yang menggunakan kuteks dengan air dingin selama sepuluh menit. Namun, sebelumnya pastikan kuku kering sempurna terlebih dahulu. Tips ini dijamin akan membuat kuteks bertahan lebih lama.

Selain itu, ada produk instan yang dapat membantu menggantikan air dingin yakni dryer spray. Produk ini diformulakan untuk mengeringkan cat kuku lebih cepat. Semprotan ini juga biasanya mengandung zat anti bakteri dan pelembap yang menjaga kuku tetap sehat.

7. Jangan Mengigit Kuku Setelah Menggunakan Kuteks

Jangan Mengigit Kuku Setelah Menggunakan Kuteks

Jika kalian memiliki kebiasaan menggigit kuku, segera tinggalkan. Karena hal tersebut tentu akan merusak keindahan kuteks secara perlahan. Kalian akan membuat cat kuku mengelupas. Selain itu, serpihan kuteks bisa saja masuk ke dalam mulut dan mengendap di perut.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel