Punya Masalah Keuangan? 7 Tips Efektif untuk Berhemat

Foto: Punya Masalah Keuangan? 7 Tips Efektif untuk Berhemat Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Ketahui cara menghemat keuangan agar dapat merencanakan masa depan yang lebih baik.

Kanal247.com -


Kehidupan tidak hanya yang kita jalani saat ini. Kedepannya banyak hal tak terduga yang tidak kita ketahui akan terjadi. Banyak hal tidak terencana yang bakal tiba-tiba datang saat kita tidak siap.

Maka dari itu, mulai dari saat ini kita harus mempersiapkan biaya cadangan untuk menangani hal tersebut. Namun, biaya cadangan tersebut tidak dapat terwujud jika kalian tetap boros hingga saat ini.

Baca juga ...

Berikut 7 cara untuk menghemat uang agar masa depan lebih tertata. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Susun Anggaran Setiap Bulannya

Susun Anggaran Setiap Bulannya

Saat pertama menerima gaji atau uang bulanan, yang harus kalian lakukan adalah segera membuat susunan anggaran dan kebutuhan yang diperlukan. Kurangi dengan pengeluaran tetap seperti cicilan, biaya kos, listrik, SPP dan lainnya.

Selain itu, kalian juga harus membagi jatah untuk biaya keperluan sekunder seperti pulsa, bensin, kado, dan juga belanja bulanan. Jangan lupa untuk membiasakan diri memberi jatah pada uang makanan dan jajan di luar. Agar kalian dapat mengontrol diri dari membeli hal-hal yang tidak penting.

2. Sisihkan Uang untuk Ditabung

Sisihkan Uang untuk Ditabung

Saat menyusun anggaran, kalian sebaiknya menyisihkan terlebih dahulu uang yang akan ditabung. Jangan mengambil uang tabungan dari sisa bulanan kalian. Hal itu akan membuat kalian boros dan tidak konsisten.

Salah satu cara menabung yang efektif adalah dengan melakukan auto-debit sebesar 30% setiap mendapatkan gaji bulanan. Cara ini tentu ampuh banget untuk mulai menghemat. Kalian juga perlu memilih jenis tabungan yang tidak memiliki biaya administrasi setiap bulannya.

3. Jangan Sering Makan atau Nongkrong di Luar, Cukup Bawa Bekal

Jangan Sering Makan atau Nongkrong di Luar, Cukup Bawa Bekal

Nongkrong adalah kegiatan yang paling membuat sulit berhemat. Saat akan berhemat, kalian harus berusaha menolak ajakan makan di luar atau nongkrong untuk hanya sekedar minum kopi.

Biasakan untuk mengatur biaya makan dengan memasak sendiri di rumah. Dijamin, uang bulanan akan lebih hemat saat kalian belanja bahan makanan di pasar tradisional dari pada membeli langsung jadi. Selain itu, makanan yang di masak sendiri tentunya lebih sehat karena kalian dapat memperhatikan bahan apa saja yang digunakan.

4. Pantau Promo Saat Belanja dan Lakukan Perbandingan Harga

Pantau Promo Saat Belanja dan Lakukan Perbandingan Harga

Tips untuk berhemat selanjutnya adalah melakukan perbandingan harga saat berbelanja. Meskipun jarak pasar satu ke lainnya cukup jauh, hal ini perlu dipertimbangkan, lho. Jadi ketika berbelanja untuk bulan atau minggu depan, kalkian sudah mengetahui tempat yang paling murah.

Demi menghemat pengeluaran, membeli barang promo tak ada salahnya, lho. Biasanya supermarket besar akan selalu meng-update promo di media sosial, kalian bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memenuhi kebutuhan kalian.

5. Pantau Promo Saat Belanja dan Lakukan Perbandingan Harga

Pantau Promo Saat Belanja dan Lakukan Perbandingan Harga

Tips untuk berhemat selanjutnya adalah melakukan perbandingan harga saat berbelanja. Meskipun jarak pasar satu ke lainnya cukup jauh, hal ini perlu dipertimbangkan, lho. Jadi ketika berbelanja untuk bulan atau minggu depan, kalian sudah mengetahui tempat yang paling murah.

Demi menghemat pengeluaran, membeli barang promo tak ada salahnya, lho. Biasanya supermarket besar akan selalu meng-update promo di media sosial, kalian bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memenuhi kebutuhan kalian.

6. Bayar Transaksi Secara Tunai

Bayar Transaksi Secara Tunai

Memiliki kartu kredit mungkin memiliki banyak keuntungan. Kalian bisa mendapatkan diskon khusus, promo gratis sampai cashback. Namun, kartu kredit bisa berbahaya jika kalian tidak bijak dalam menggunakannya.

Jadi, sebaiknya gunakan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Selain tidak menimbulkan utang, kalian bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya melalui jatah yang sebelumnya telah ditetapkan.

7. Lakukan Penghematan Secara Perlahan

Lakukan Penghematan Secara Perlahan

Untuk berhemat, kalian tidak perlu terburu-buru. Semua hal perlu penyesuaian, kan? Jangan langsung memotong keuangan ekstrem saat melakukan penghematan. Lakukan perlahan-lahan dan juga terencana. Mulai lah dari hal-hal yang mudah untuk kalian lakukan.

Perubahan juga bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, mungkin kalian akan gagal dan kembali pada permasalahan yang sama. Tapi jangan berkecil hati dan cepat menyerah. Segera bangkit kembali dan jalankan anggaran sesuai kebijakan yang ditentukan.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel