8 Buah-buahan yang Ampuh Melancarkan Sembelit

Foto: 8 Buah-buahan yang Ampuh Melancarkan Sembelit
WowKeren dan Kanal247


Jika kalian mengalami susah BAB yang menggangu, sebaiknya segera konsumsi 8 buah ini. Apa saja, ya?

Kanal247.com - Gangguan pencernaan seperti sembelit pasti pernah dialami semua orang. Biasanya, sembelit dialami oleh kalian yang memiliki pola makan yang buruk, dehidrasi dan diet tak sehat. Selain itu, juga karena hipotiroidisme, penyakit usus hingga efek samping obat-obatan penghilang rasa sakit atau antidepresan.

Baca juga ...


Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi hal ini. Mungkin yang paling mudah adalah membeli obat pencahar. Namun, efeknya cukup menggangu karena akan membuat kalian selalu merasa mulas.

Jika tidak ingin mondar-mandir toilet karena sakit perut, kalian dapat mengonsumsi buah-buahan yang memiliki khasiat untuk melancarkan BAB. Selain lebih enak, buah-buahan tentunya tidak memiliki efek samping apa pun.

Berikut 8 jenis buah-buahan yang dapat kalian konsumsi saat mengalami sembelit. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Apel Mengandung Banyak Serat

Apel Mengandung Banyak Serat

Saat mengalami susah BAB, buah yang paling baik dikonsumsi adalah yang memiliki banyak serat. Salah satunya adalah apel. Buah ini mengandung 4,4 gram atau setara dengan 17 persen dari asupan serat yang direkomendasikan.

Pektin adalah nama kandungan serat di dalam apel. Serat ini akan difermentasikan secara cepat oleh bakteri untuk membentuk asam lemak dan melunakkan feses. Sebaiknya, kalian mengonsumsi apel sekaligus dengan kulitnya karena juga mengandung pektin.

2. Mengatasi BAB Tak Lancar dengan Kiwi

Mengatasi BAB Tak Lancar dengan Kiwi

Kiwi menjadi buah selanjutnya yang bisa membantu kalian mengatasi sembelit. Satu buah kiwi memiliki 2,5 gram serat dan mengandung vitamin C serta nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan usus.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui Advances in Food and Nutrition Research melaporkan bahwa mengonsumsi kiwi secara rutin dapat melancarkan frekuensi buang air besar. Selain itu, penelitian dari periset di Taipei juga menemukan hal serupa.

3. Jeruk Dapat Membantu Melancarkan Sembelit

Jeruk Dapat Membantu Melancarkan Sembelit

Jeruk merupakan salah satu buah yang populer. Selain karena mudah dijumpai, buah ini juga memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Satu jeruk mengandung empat gram serat dengan 86 kalori. Buah berwarna oranye ini juga mengandung flavanol yang disebut naringenin yang bekerja seperti obat pencahar untuk membantu mengatasi sembelit.

4. Atasi Sembelit Buah Kering Seperti Kurma, Plum dan Kismis

Atasi Sembelit Buah Kering Seperti Kurma, Plum dan Kismis

Mungkin kalian tidak mengetahui bahwa buah-buahan kering seperti kurma, plum dan kismis merupakan sumber serat yang dapat mengatasi sembelit. Buah plum mengandung cukup banyak serat seperti selulosa yang membantu melancarkan BAB. Selain itu, di dalamnya terdapat sorbitol, sejenis karbohidrat dan memiliki sturktur seperti gula.

5. Ubi Manis Bisa Jadi Teman Diet dan Lancarkan Sembelit

Ubi Manis Bisa Jadi Teman Diet dan Lancarkan Sembelit

Siapa yang tidak menyukai ubi manis, makanan alternatif pengganti nasi yang memiliki karbohidrat tinggi dengan kadar glikemik yang rendah. Ubi manis mengandung serat seperti selulosa, lignin dan pektin yang dapat membantu kalian meringankan sembelit, lho.

Biasanya, ubi manis dimanfaatkan sebagai solusi diet tanpa nasi. Pasalnya, tanpa asupan karbohidrat, kalian dapat mengalami banyak masalah kesehatan salah satunya adalah sembelit.

6. Sembelit? Konsumsi Pir yang Mengandung Serat

Sembelit? Konsumsi Pir yang Mengandung Serat

Selain apel, buah yang kaya serat selanjutnya adalah pir. Selain memiliki 4,4 gram serat, pir mengandung fruktosa dan sorbitol yang tinggi. Kandungan tersebut merupakan gula yang tidak diserap dengan baik oleh tubuh sehingga akan menjadi pendorong alami dengan membawa air ke dalam usus.

7. Pisang Matang Ampuh Mengatasi Sembelit

Pisang Matang Ampuh Mengatasi Sembelit

Pisang jadi salah satu buah yang digunakan untuk mengatasi sembelit lantaran memiliki serat yang tinggi. Namun, pisang yang baik untuk mengatasi sembelit adalah yang telah matang. Pasalnya, pisang hijau atau belum matang sempurna malah akan menyebabkan kalian susah BAB, lho.

8. Manfaat Alpukat untuk Melancarkan BAB

Manfaat Alpukat untuk Melancarkan BAB

Enak dan bermanfaat, buah alpukat pun menjadi favorit banyak orang. Buah ini juga mengandung serat tinggi yakni sekitar 25% dalam setiap 100g. Selain itu, buah ini pun cocok banget buat kalian yang sedang diet karena memiliki lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...