6 Tips Agar Make Up Lebih Tahan Lama Seharian

Foto: 6 Tips Agar Make Up Lebih Tahan Lama Seharian Shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Ikuti 6 tips ini yuk biar tampilan make up kalian lebih maksimal dan tahan lama.

Kanal247.com - Riasan wajah atau make up merupakan hal yang tidak bisa lepas dari seorang wanita. Make up memang sangat sering digunakan untuk memaksimalkan penampilan penggunanya.

Terkadang untuk ke acara-acara tertentu kalian harus menggunakan riasan berjam-jam bahkan puluhan jam. Sebut saja seperti pemotretan, hang out bareng teman-teman, liburan, bekerja dan masih banyak lagi keseharian yang butuh riasan tahan lama.

Baca juga ...

Nah, bagaimana sih cara agar make up selalu tahan lama? Karena terkadang enam jam berada di luar ruangan saja, make up bisa luntur dan tidak bagus lagi. Kita juga harus touch up untuk memperbaikinya.

Yuk ikuti 6 tips ini agar riasan lebih tahan lama. Simak ulasannya di bawah ini, ya.


1. Kompres Wajah dengan Air Dingin Membuat Pori-Pori Menutup

Kompres Wajah dengan Air Dingin Membuat Pori-Pori Menutup

Tips pertama yang bisa digunakan bagi kalian yang memiliki pori-pori besar adalah mengompres wajah menggunakan es batu. Kegunaannya adalah untuk menutup pori-pori yang terbuka agar minyak alami wajah tidak merusak make up nantinya.

Selain itu, penggunaan es batu juga dapat mengurangi keriput, menjadikan kulit lebih halus dan menyingkirkan jerawat. Wah, manfaatnya besar juga, ya?

2. Pastikan Wajah Lembap Sebelum Menggunakan Riasan

Pastikan Wajah Lembap Sebelum Menggunakan Riasan

Setelah mengompres wajah dengan es batu, langkah selanjutnya adalah menggunakan moisturizer atau krim pelembap wajah. Meskipun wajah kalian tipe yang berminyak, langkah ini sangat penting karena kulit yang tidak diberi pelembap akan terus memproduksi sebum atau minyak wajah.

Produk moisturizer yang digunakan sebaiknya yang berbahan dasar air seperti gel atau lotion Jika kalian memilih yang memiliki kandungan minyak malah akan membuat wajah semakin terlihat oily.

3. Gunakan Primer Agar Hasil Make Up Lebih Halus

Gunakan Primer Agar Hasil Make Up Lebih Halus

Primer merupakan salah satu step make up yang sering diabaikan oleh para wanita. Padahal primer penting banget, lho untuk membuat hasil akhir riasan lebih halus, dan flawless. Dengan menggunakan alas make up satu ini, foundation akan lebih menempel pada wajah dan tentunya tahan lama.

Daerah yang paling penting saat menggunakan primer adalah T-zone yakni dahi, hidung dan dagu. Seperti kalian ketahui, daerah tersebut merupakan yang paling sering berminyak di antara lainnya.

4. Jangan Gunakan Bedak Terlalu Banyak

Jangan Gunakan Bedak Terlalu Banyak

Bedak mungkin ampuh untuk membuat wajah terhindari dari kilau akibat minyak berlebihan di wajah. Namun, penggunaan yang berlebihan hanya akan merangsang pori-pori wajah untuk mengeluarkan lebih banyak minyak. Sehingga make up tidak akan bertahan lama. Sebaiknya gunakan bedak dengan formula matte dan transparan sewajarnya di area yang terlihat berkilau.

5. Jangan Gunakan Concealer untuk Base Eye Shadow

Jangan Gunakan Concealer untuk Base Eye Shadow

Concelaer biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah yang tidak dapat diatasi dengan foundation seperti lingkaran hitam di bawah mata, bekas jerawat, kemerahan di wajah dan masih banyak lagi.

Selain itu, concealer juga sering digunakan sebagai base eye shadow. Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan oleh kalian yang memiliki jenis kulit berminyak. Pasalnya, penggunaan concelaer akan membuat tampilan eye shadow retak dan mudah menghilang.

6. Semprotkan Setting Spray Setelah Make Up Selesai

Semprotkan Setting Spray Setelah Make Up Selesai

Setting spray adalah rangkaian yang biasa dilakukan di akhir make up. Namun, sebagian orang gemar menggunakan setting spray setelah mengaplikasikan foundation lantaran membuat riasan lebih lengket, tahan lama dan tidak mudah luntur.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel