Tukang Bangunan Italia Temukan Ratusan Koin Emas Era Romawi di Bekas Bioskop

Foto: Tukang Bangunan Italia Temukan Ratusan Koin Emas Era Romawi di Bekas Bioskop Italian Ministry for Cultural Heritage and Activit
WowKeren dan Kanal247


Menurut para ahli, koin tersebut sengaja dimasukkan dalam wadah dan dipendam di tanah.

Kanal247.com - Seorang pekerja bangunan menemukan sekitar 300 koin emas kuno di dalam sebuah gedung bekas bioskop di Como, di Italia Utara. Koin emas tersebut rupanya berasal dari zaman Kekaisaran Romawi saat runtuh sekitar 1.500 tahun yang lalu.

Dilansir dari Live Science, ratusan koin tersebut ditemukan di dalam sisa-sisa sebuah amphora, sejenis wajah keramik berbentuk vas yang digunakan orang Romawi untuk menampung minuman atau cairan seperti anggur dan minyak zaitun. Arkeolog dari Kementrian menggali koin dan membawanya ke laboratorium di Milan setelah pekerja bangungan tersebut menemukannya. Mereka akan menganalisis dan melestarikan penemuan berharga tersebut.

Baca juga ...

Koin emas seperti itu, juga banyak ditemukan di situs Mediretania kuno, termasuk kapal induk berusia 1.500 tahun yang di Kota Yunani, Korintus. Pemerintah menyebut penemuan tersebut sangat berharga dan luar biasa karena tergolong koin emas yang langka.

Menurut para ahli, koin tersebut sengaja dimasukkan dalam wadah dan dipendam di tanah. Ketika dalam bahaya, mereka dapat pergi dan mengambilnya, Penemuan tersebut tentu membuat arkeolog penasaran dan menulusuri kembali sejarah yang ada.

Koin emas yang ditemukan memiliki ukiran wajah kaisar Honorius, Valentinian III, Leon I, Antonio dan Libio Servero. Maka dari itu, kemungkinan berasal dari tahun-tahun sebelum 474 M.

Sementara itu, Teater Cressoni yang bersejarah beroperasi sejak tahun 1807 hingga 1997 sebelum bertransisi menjadi bioskop. Lokasi tersebut tidak jauh dari kawasan forum Novum Comum, di mana artefak Romawi lainnya ditemukan.

Loading...

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel