7 Buah dan Tanaman Ini Mampu Usir Bau Badan Secara Alami

Foto: 7 Buah dan Tanaman Ini Mampu Usir Bau Badan Secara Alami shutterstock
WowKeren dan Kanal247


Sudah pakai deodoran tetap bau badan? Kamu bisa coba atasi dengan menambahkan konsumsi buah dan tanaman ini.

Kanal247.com - Pernahkah kamu merasa malu untuk bersosialisasi dengan orang lain karena bau badan? Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu bukan?


Baca juga ...

Selain kecantikan dan kepandaian, bau badan memegang peran penting untuk kepercayaan diri sekaligus untuk menarik perhatian orang lain. Jika bau badanmu kurang sedap, tentunya banyak orang akan menghindar. Akibatnya, kamu bisa jadi susah berinteraksi dan menjadi kurang pergaulan.

Ya, bau badan setiap orang memang berbeda-beda. Berdasarkan penelitian, setiap orang memiliki bau badan khas masing-masing. Hal itu bisa bersumber dari gen, dan secara mengejutkan, ternyata juga dari makanan yang kita konsumsi.

Dilansir dari The Popple, sebuah penelitian dari Universitas California menyatakan bahwa, "Kita semua memiliki 'bau khas' kita sendiri yang sangat ditentukan oleh genetika, kesehatan, kebersihan pribadi, dan pola makan". Nah, jika kamu merasa deodoran tak cukup membantumu, kamu pun bisa menambahkan konsumsi makanan-makanan yang bisa bantu mengusir bau badan.

Tak sulit dicari, makanan-makanan yang mampu mengusir bau badan ini berasal dari tanaman dan buah-buahan. Penasaran ingin segera membuktikan khasiatnya? Ini dia daftar tanaman dan buah-buahan yang bisa bantu mengusir bau badan.

1. Teh Hijau untuk Menghilangkan Bau Mulut, Bau Badan, dan Bau Kaki

Teh Hijau untuk Menghilangkan Bau Mulut, Bau Badan, dan Bau Kaki

Teh hijau masuk dalam tanaman yang memiliki segudang manfaat. Jenis dedaunan ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai olahan, mulai dari minuman biasa hingga beragam makanan. Jika kamu termasuk dalam penggemar teh hijau, kamu bisa memanfaatkannya untuk hal lain yang sangat bermanfaat, yakni untuk menghilangkan bau badan.

Teh hijau mengandung zat antioksidan yang bisa menyingkirkan berbagai masalah bau dalam tubuh. Antioksidan ini juga akan berfungsi untuk memerangi dan menyingkirkan bakteri yang ada dalam mulut dan juga tubuh yang menyebabkan bau. Jika rutin mengonsumsinya, kamu bisa menghilangkan bau mulut, bau badan, hingga bau kaki. Kamu bisa mencampur minuman teh hijau ini dengan madu untuk konsumsi rutin.

2. Kapulaga Jadi Ramuan Penghilang Bau Badan Sejak Zaman Kerajaan

Kapulaga Jadi Ramuan Penghilang Bau Badan Sejak Zaman Kerajaan

Kapulaga selama ini dikenal sebagai salah satu tanaman rempah. Biji kapulaga sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan dan juga bahan jamu tradisional. Akan tetapi, tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan jamu saja, kapulan ternyata menyimpan manfaat untuk menyingkirkan bau badan.

Penggunaan kapulaga sendiri sudah digunakan sejak zaman kerajaan. Kapulaga memiliki kandungan minyak asiri sineol yang bisa digunakan untuk ekspektoran dan antibakteri.

Untuk memanfaatkan kapulaga sebagai pengusir bau badan bisa dilakukan dengan cara membuat ramuan berupa minuman. Caranya, rebus lima butir kapulaga jenis merah ataupun putih. Biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan rebusan tersebut hingga dingin. Setelah dingin, air kapulaga bisa dikonsumsi untuk menjadi terapi penghilang bau badan.

3. Kayu Manis untuk Hilangkan Bau Mulut dan Bau Badan

Kayu Manis untuk Hilangkan Bau Mulut dan Bau Badan

Untuk menghilangkan bau badan dalam tubuh, kita membutuhkan bahan-bahan yang mengandung antioksidan. Nah, hal itu juga bisa kamu temukan dalam kayu manis.

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang memberikan banyak bakteri penyebab bau badan. Dalam sebuah penelitian, dari 26 rempah-rempah, kayu manis berada di urutan pertama yang banyak mengandung antioksidan.

Untuk memanfaatkan kayu manis sebagai penghilang bau mulut sekaligus bau badan, kamu bisa membuatnya sebagai minuman hangat. Caranya, masukkan beberapa potong kayu manis ke dalam air panas, seduh layaknya membuat teh. Minum airnya dan rasakan manfaatnya untuk menghilangkan bau mulut serta bau badan yang mengganggu.

4. Daun Rosemary Mampu Membunuh Bakteri dari Keringat Penyebab Bau Badan

Daun Rosemary Mampu Membunuh Bakteri dari Keringat Penyebab Bau Badan

Bau badan bisa disebabkan oleh keringat. Keringat yang tidak segera dibersihkan dalam beberapa jam akan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Nah, bakteri inilah yang akan menimbulkan bau badan yang kerapkali tidak bisa hanya diatasi dengan deodoran.

Untuk menghilangkan bau badan, salah satu caranya adalah dengan mengatasi bakteri yang tumbuh di dalam tubuh terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan berbagai ramuan termasuk dari tumbuhan rosemary ini.

Rosemary biasanya digunakan dalam masakan Italia, tapi kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membantu mengatasi berbagai penyakit termasuk bau badan. Caranya adalah dengan merebus beberapa helai rosemary segar dan menjadikannya layaknya teh untuk diminum.

5. Mandi dengan Cairan Jus Tomat Alami Bantu Hilangkan Bau Badan

Mandi dengan Cairan Jus Tomat Alami Bantu Hilangkan Bau Badan

Selain sebagai bahan masakan, tomat juga enak untuk dikonsumsi langsung sehari-hari. Sudah lezat kamu juga bisa merasakan manfaatnya sebagai pengusir bau badan.

Untuk menghilangkan bau badan, kamu bisa berendam dengan air jus tomat. Haluskan dengan blender sekitar 7 hingga 8 buah tomat kemudian campurkan ke dalam air mandimu.

Tomat merupakan jenis tanaman yang mengandung pestisida alami. Kandungan glycoalkaloids ini bertanggung jawab untuk membunuh bakteri dan virus pada kulit. Tomat juga bisa bertindak sebagai antibiotik dalam beberapa kasus.

6. Campurkan Lemon dan Baking Soda untuk Hilangkan Bau Ketiak

Campurkan Lemon dan Baking Soda untuk Hilangkan Bau Ketiak

Campuran lemon dan baking soda ternyata ampuh mengatasi bau badan. Dengan mencampurkan lemon dan baking soda hingga berbentuk pasta dan mengoleskannya di bawah ketiak, kamu bisa menggunakannya sebagai ramuan pengusir bau badan. Keasaman lemon mampu menurunkan kandungan pH dalam kulit. Dengan begitu bakteri penyebab bau badan akan mati.

Lemon sendiri sangat cocok digunakan untuk orang denga kulit sensitif. Jika kamu tak punya waktu untuk membuat campuran lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakan air lemon saja sebagai deodoran alami.

7. Seledri dan Peterseli Memperlancar Pencernaan untuk Hilangkan Racun

Seledri dan Peterseli Memperlancar Pencernaan untuk Hilangkan Racun

Sayuran seperti seledri dan peterseli biasa digunakan untuk bahan makanan. Ternyata, manfaatnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan, lho.

Kedua tanaman ini memiliki kemampuan untuk melawan bau dan menghilangkan racun dalam tubuh. Mereka juga mengandung vitamin, mineral dan fitonutrien yang sangat bermanfaat. Mereka membantu memperlancar pencernaan untuk menghilangkan racun yang menyebabkan bau badan.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...