7 Manfaat Buah Pisang Hingga Kulitnya yang Jarang Diketahui

Foto: 7 Manfaat Buah Pisang Hingga Kulitnya yang Jarang Diketahui
WowKeren dan Kanal247


Pisang merupakan buah yang memiliki segudang manfaat mulai dari buah hingga kulitnya.

Kanal247.com - Pisang merupakan salah satu buah tropis yang jadi favorit sebagian orang. Buah yang berwarna kuning ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Hal tersebut yang membuatnya banyak dikonsumsi orang-orang. Apalagi di Indonesia, pisang sangat mudah ditemukan.

Baca juga ...

Selain itu, pisang juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya namun juga batang pohon pisang, daun hingga kulitnya. Tetapi memang masih banyak orang yang belum memanfaatkan pisang secara maksimal.


Berikut ini manfaat buah pisang dan kulitnya yang jarang banget diketahui oleh orang. Simak artikel di bawah ini, ya.

1. Manfaat Kulit Pisang untuk Memutihkan Gigi

Manfaat Kulit Pisang untuk Memutihkan Gigi

Bahan alami yang kini populer untuk memutihkan gigi adalah charcoal atau arang aktif. Yang dimaksud disini adalah arang yang digunakan untuk keperluan medis bukan yang biasa dipakai untuk memasak. Namun, tahukah kalian kulit pisang juga bermanfaat untuk memutihkan gigi? Malah bahan satu ini gratis dan tidak sulit ditemukan.

Kulit pisang matang mengandung potasium yang cukup banyak. Kandungan tersebut lah yang membantu mengurangi noda pada gigi. Seperti noda yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi teh atau kopi. Penggunaannya sendiri mudah, kalian cukup menggosokkan kulit pisang selama dua menit pada gigi. Lakukan setelah menggosok gigi seperti biasa, ya.

2. Buah Pisang untuk Melawan Sel Kanker

Buah Pisang untuk Melawan Sel Kanker

Sebuah studi di Jepang menunjukkan bahwa buah pisang matang yang memiliki bintik-bintik hitam pada kulitnya mengandung senyawa TNF (Tumor Necrosis Factor). Senyawa tersebut merupakan jenis sitokin yang diklaim mampu untuk meningkatkan produksi sel darah putih di tubuh.

Jika sel darah putih meningkat, sistem kekebalan tubuh pun ikut menguat. Maka dapat membantu memerangi perkembangan sel kanker yang melemahkan kesehatan tubuh.

3. Meningkatkan Mood dengan Konsumsi Buah Pisang

Meningkatkan Mood dengan Konsumsi Buah Pisang

Kalian pasti mengetahui bahwa cokelat mampu membantu meningkatkan mood seseorang. Ternyata, manfaat tersebut juga diberikan oleh buah pisang, lho. Pisang dianggap mampu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan mood.

Hal tersebut karena pisang memiliki zat triptofan yang merupakan protein yang sangat berperan dalam membantu meningkatkan suasana hati. Selain itu, pisang juga lebih sehat dan memiliki sedikit kalori dibandingkan dengan cokelat.

4. Kulit Pisang untuk Mengurangi Jerawat dan Kerutan

Kulit Pisang untuk Mengurangi Jerawat dan Kerutan

Salah satu masalah kulit yang sangat menyebalkan adalah jerawat. Selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga mengurangi rasa percaya diri seseorang. Jika kalian mengeluarkan biaya banyak ke dokter untuk mengatasi masalah tersebut, kini kebiasaan tersebut bisa di tinggalkan.

Kalian bisa menggunakan kulit pisang sebagai pengganti krim dokter. Kulit pisang memiliki vitamin C dan E serta kalium, seng, besi dan mangan yang dapat mengatasi kulit meradang juga jerawat. Selain itu, kerutan di wajah dapat teratasi berkat kandungan antioksidan dalam kulit pisang.

5. Buah Pisang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah Pisang Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Buah pisang mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu hamis. Asam folat berguna dalam pembentukan sel-sel baru pada janin dan mencegah bayi agar tidak lahir secara prematur atau dalam keadaan cacat.

Satu buah pisang mengandung sekitar 58 mikrogram asam folat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Jadi, buah ini jadi hidangan wajib bagi kalian para ibu hamil untuk mendukung perkembangan dan kecerdasan otak bayi.

6. Manfaat Pisang untuk Mengalirkan Oksigen ke Otak

Manfaat Pisang untuk Mengalirkan Oksigen ke Otak

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita. Maka, kesehatannya perlu dijaga. Untuk hal tersebut kalian bisa mengandalkan buah pisang.

Kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk menjaga aliran oksigen ke otak agar tetap dapat berjalan normal. Zat tersebut juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi seseorang, lho.

7. Kulit Pisang Berguna untuk Mengurangi Iritasi

Kulit Pisang Berguna untuk Mengurangi Iritasi

Kulit pisang mengandung histamin, magnesium, vitamin C dan E. Kandungan tersebut merupakan obat alami yang dapat membantu mengatasi kulit gatal atau iritasi. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan kulit pisang dengan perlahan ke area yang gatal atau iritasi. Lalu diamkan semalaman.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel

Loading...