Ini 6 Makanan yang Lebih Sehat dan Enak untuk Pengganti Bahan Sumber Kolesterol Jahat

Foto: Ini 6 Makanan yang Lebih Sehat dan Enak untuk Pengganti Bahan Sumber Kolesterol Jahat Google
WowKeren dan Kanal247


Beberapa makanan selain daging ternyata juga bisa menjadi sumber kolesterol jahat, segera ganti dengan mengonsumsi makanan berikut.

Kanal247.com - Umat Islam di seluruh dunia baru saja merayakan Hari Raya Idul Adha pada Rabu (22/8) kemarin. Pada hari tersebut, umat Islam juga akan berkurban hewan seperti sapi dan juga kambing. Daging dari hewan-hewan tersebut akan dibagi-bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga ...

Beberapa hari usai Idul Adha, biasanya akan banyak orang yang memasak olahan daging. Padahal, daging-daging tersebut bisa menjadi sumber kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit. Mengerikannya lagi, ternyata bukan hanya daging saja yang menjadi sumber kolesterol tinggi, beberapa bahan makanan juga bisa membuatmu terkena penyakit kolesterol.


Nah, jika kamu ingin terhindar dari penyakit kolesterol yang berbahaya tersebut, kamu sepertinya memang harus mengurangi atau bahkan menghindari mengonsumsi daging. Akan tetapi, jangan bersedih hati dulu karena masih banyak makanan yang lebih sehat dan tak kalah enak dari makanan-makanan sumber kolesterol jahat tersebut. Apa saja? Segera ketahui dan ganti bahan-bahan sumber kolesterol dengan makanan-makanan ini, ya.

1. Ganti Susu dan Yogurt dengan Soya

Ganti Susu dan Yogurt dengan Soya Google

Kosterol hanya ditemukan di berbagai produk yang berasal dari hewan. Nah, dari semua produk hewani yang kita konsumsi, susu dan yogurt ternyata menjadi salah satunya. Meski tidak terlalu tinggi, susu dan yogurt menjadi salah satu bahan makanan yang harus dihindari jika kamu sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi.

Kandungan kolesterol dalam susu tergantung pada jenisnya. Susu rendah lemak atau low fat memiliki kandungan kolsterol sebanyak 10 mg per cup. Sementara itu, susu murni bisa mengandung kolesterol sebanyak 33 mg per cup-nya. Demikian juga dengan yogurt murni. Meski dikenal sebagai sumber makanan yang sehat, yogurt ternyata bisa mengandung hingga 29 mg kolesterol per cup-nya.

Nah, jika kamu berniat menjauhi kolesterol dari mengonsumsi susu dan yogurt, kamu bisa menggantinya dengan soya. Soya atau susu kedelai ini bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi ataupun yogurt.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali karena ia berasal dari tumbuhan. Susu kedelai juga dipercaya mengandung lemak tak jenus yang bagus untuk mencegah penyakit jantung. Untuk mengonsumsi susu kedelai, pastikan kadar gulanya tetap rendahnya. Kadar gula yang tinggi juga bisa menyebabkan melonjaknya kadar kolesterol dalam darah.

2. Ganti Minyak Kelapa dengan Minyak Jagung

Ganti Minyak Kelapa dengan Minyak Jagung Google

Sebuah penelitian American Heart Association mengemukakan bahwa minyak kelapa ternyata memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bisa menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi terlalu banyal. Lemak jenuh juga bisa meningkatkan kadar kolsterol buruk dalam darah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Daripada mengonsumsi minyak kelapa, kamu bisa menggantinya dengan minyak jagung. Minyak jagung merupakan jenis minyak yang bebes kolesterol. Tidak hanya itu, minyak jagung juga mampun menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat 3 kali lebih banyak daripada minyak zaitun.

Sayangnya, kamu juga harus berhati-hati jika mengonsumsi minyak jenis ini. Minyak jagung banyak diasosiasikan dengan oksidasi LDL yang bisa meningkatkan inflamasi arteri dalam darah. Jadi, tetap berhati-hati, ya.

3. Ganti Roti yang Mengandung Mentega dengan Roti Gandum/Oat

Ganti Roti yang Mengandung Mentega dengan Roti Gandum/Oat Google

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kita jumpai penggunaan mentega sebagai bahan baku pembuatan roti. Namun, tahukah kamu bahwa mentega tersebut juga bisa menjadi salah satu bahan makanan sumber kolesterol tinggi?

Ya, mentega mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Bahayanya, untuk mengganti konsumsi roti yang mengandung mentega ini, banyak orang salah pilih dengan mengonsumsi roti putih yang merupakan jenis karbohidrat olahan. Hal itu justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk lebih amannya, kamu bisa mengganti konsumsi roti tersebut dengan yang berbahan baku gandum atau oat. Bahan-bahan tersebut ramah kolesterol dan juga tak kalah enak dibanding jenis roti lain.

4. Ganti Daging dan Jeroan dengan Salmon atau Tuna

Ganti Daging dan Jeroan dengan Salmon atau Tuna Google

Sudah menjadi rahasia umum kalau bagian daging yang berlemak dan juga jeroan bisa menjadi sumber kolesterol berbahaya. Padahal masih banyak lho makanan-makanan yang lebih sehat dan tak kalah enak.

Jika kamu ingin menghindari konsumsi daging dan jeroan yang menjadi sumber kolesterol, kamu bisa menggantinya dengan beberapa jenis ikan laut. Salmon dan tuna bisa menjadi pilihanmu.

Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam darahmu sudah tergolong tinggi, kamu lebih baik memilih ikan tuna. Ikan tuna hanya memiliki kandungan kolesterol sebanyak 30 mg per 3,5 ons. Sedangkan ikan salmon memiliki kadar kolesterol hingga 63 mg per 3,5 ons. Meskipun demikian, tetap saja lebih sehat daripada jeroan daging yang bisa mengandung hingga 389 mg kolesterol per 3,5 ons.

5. Ganti Camilan Keripik Kentang dengan Kacang-kacangan

Ganti Camilan Keripik Kentang dengan Kacang-kacangan Google

Kalau kamu suka makan camilan, jangan mengira itu tidak akan menimbulkan penyakit kolesterol, ya. Nyatanya kripik kentang yang dimasak dengan minyak trans tersebut mengandung kadar kolesterol yang tinggi.

Daripada kripik kentang yang tidak sehat, kamu bisa mengganti camilanmu dengan berbagai jenis kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang seperti kacang tanah, kacang kenari, kacang almond dan juga hazelnuts dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Tofu untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Tofu untuk Turunkan Kadar Kolesterol Google

Selain berbagai makanan pengganti yang sudah disebutkan, ada satu lagi jenis makanan yang dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan tersebut adalah tofu.

Tofu merupakan salah satu olahan dari kedelai yang dipercaya bisa membantu mengubah kadar kolesterol jahat menjadi kolesterol baik. Mengonsumsi sekitar 10 ons tofu perhari dipercaya bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh sebesar 5 hingga 6 persen. Kandungan protein phytates dan isofalvones dalam kedelai juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengonsumsi tofu sebagai pengganti daging dan juga keju yang tak kalah menjadi sumber protein baik.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel