6 Makanan Ini Berbahaya Dikonsumsi Sebelum Tidur

Foto: 6 Makanan Ini Berbahaya Dikonsumsi Sebelum Tidur Gettyimages
WowKeren dan Kanal247

Mengganggu aktivitas tidur hingga peningkatan risiko kanker, hindari mengonsumsi makanan-makanan ini sebelum tidur atau sebagai makanan tengah malam.

Kanal247.com - Sudah menjadi rahasia umum jika makan tengah malam atau makan sebelum tidur sangat berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya bahaya biasa, kebiasaan makan kemudian langsung tidur bahkan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

Tim penelitian dari Spanyol mengatakan bahwa makan tengah malam bisa memaksa metabolisme tubuh untuk bekerja lebih cepat. Padahal, pada saat itu, tubuh harusnya sudah beristirahat setelah bekerja seharian. Penelitian ini juga diikuti oleh sejumlah penelitian lain yang menyatakan betapa berbahayanya makan tengah malam. Mereka mengatakan bahwa hal itu bisa meningkatkan bahaya kanker payudara dan kanker prostat.

Lalu seberapa malam sih makan tengah malam ini berbahaya? Penelitian yang sama menyebutkan bahwa orang-orang yang secara rutin makan malam setelah pukul 21.00 atau 2 jam sebelum tidur sangat berbahaya. Sebanyak 25 persen dari mereka memiliki risiko peningkatan penyakit kanker payudara dan prostat.


Baca juga ...

Meskipun demikian, sebenarnya semua tergantung dengan apa yang kita makan. Kenapa makan sebelum tidur atau makan di tengah malam berbahaya? Hal itu karena aktivitas tersebut biasanya akan diikuti dengan mengonsumsi makanan yang sembarangan dan tidak beraturan jumlahnya. Lantas, makanan-makanan seperti apa sih yang berbahaya dikonsumsi sebelum tidur? Ini dia makanan-makanan yang harus dihindari dikonsumsi sebelum tidur.

1. 1. Makanan Pedas


1. Makanan Pedas Gettyimages

Makanan-makanan pedas merupakan salah satu yang harus kamu hindari sebagai makanan tengah malam. Pernah mengalami masalah pencernaan usai mengonsumsi makanan pedas di siang hari? Ya, hal itu akan semakin buruk karena membuatmu harus terjaga sepanjang malam.

Bumbu pedas yang mengandung cabai juga bisa membuatmu terserang penyakit maag. Jadi, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas dan berlemak untuk dimakan tengah malam.

2. 2. Alkohol


2. Alkohol Gettyimages

Alkohol dalam bentuk apapun sangat berbahaya jika dikonsumsi sebelum tidur. Hal itu disebabkan karena alkohol mengalami proses metabolisme yang sangat cepat di dalam tubuh sehingga bisa membuatmu terbangun beberapa kali di malam hari.

Akibatnya, kualitas tidurmu akan berkurang. Itu tentu saja berarti buruk untuk kesehatanmu.

3. 3. Kopi


3. Kopi Gettyimages

Minum kopi juga tidak baik dikonsumsi sebelum tidur. Selain jelas akan membuatmu lebih terjaga pada saat itu, efek kopi disebut masih bisa terus berpengaruh hingga 10 jam kemudian.

Akibatnya, regulasi tidurmu akan terganggu. Ini tentu saja lama kelamaan akan berpengaruh juga terhadap sistem kekebalan tubuhmu.

4. 4. Keju


4. Keju Gettyimages

Keju keras mengandung kadar tyramine asam amino yang tinggi. Hal itu akan menyebabkan otak merasa lebih waspada. Akibatnya, tentu saja kualitas tidurmu akan terganggu. Jadi, meski memakan keju sebagai makanan tengah malam adalah hal nikmat, hal itu harus kamu hindari mulai sekarang.

5. 5. Ayam Goreng


5. Ayam Goreng Gettyimages

Ayam goreng atau jenis protein apapun tidak memberikan keuntungan apapun jika dimakan tengah malam atau tepat sebelum tidur. Memang sih kelihatannya akan sangat enak makan ayam goreng di malam hari. Namun, kamu harus mengetahui bahwa hal tersebut tidak baik untuk dilakukan.

Protein dalam ayam akan dicerna lebih lambat dalam tubuh. Akibatnya, bukannya fokus untuk beristirahat setelah seharian bekerja, tubuhmu masih harus fokus untuk mencerna.

6. 6. Makanan Berlemak


6. Makanan Berlemak Gettyimages

Makanan berlemak akan sulit dicerna oleh perutmu. Selain itu, ia juga akan menyebabkan rasa panas di dada yang akan membuatmu sulit untuk terlelap.

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa seorang pria muda yang menuangkan saus Tabasco dan mustard di makanan malam mereka membuatnya mengalami kesulitan tidur. Selain itu, makanan berlemak ini juga akan berpotensi lebih tinggi untuk mengganggu kesehatanmu.

Komentar Anda

Rekomendasi Artikel