Inilah Alasan Drama Remake Jadi Trend di Korea Selatan

Foto: Inilah Alasan Drama Remake Jadi Trend di Korea Selatan



'Suits' hingga 'Rich Man Poor Woman', inilah sederetan drama remake yang siap mengudara dalam waktu dekat.

Kanal247.com - Kelihatannya drama remake sedang menjadi trend di Korea Selatan. Setelah sebelumnya "The Good Wife", "Entourage" dan "Criminal Minds", belum lama lagi "Suits" akan masuk dalam jajaran serial TV Amerika yang dibuat ulang di Korea Selatan.

"Suits" yang akan tayang perdana pada tanggal 25 April 2018 mendatang merupakan drama remake dari serial TV populer di Amerika Serikat yang berjudul sama. Kisahnya berpusat pada bromance antara dua orang pengacara yang memiliki latar belakang yang jauh berbeda. Untuk versi Koreanya, "Suits" sendiri telah menggandeng Jang Dong Gun dan Hyungsik untuk menjadi dua tokoh utamanya.

Namun, trend remake drama luar negeri ini bukan terbatas hanya serial TV asal Amerika serikat saja. Serial drama terbaru OCN yang akan mengudara tanggal 28 April mendatang, yakni "Mistress" merupakan remake dari drama BBC "Mistresses".

Drama "Mistress" versi Korea akan dibintangi oleh sederet aktris berbakat seperti Han Ga In, Choi Hee Seo, Shin Hyun Bin dan Goo Jae Yi. Mengusung genre misteri-thriller, "Mistress" akan fokus pada hubungan rumit antara empat wanita misterius serta para pria di sekitar mereka.

Tak hanya "Mistress". OCN juga berencana untuk melakukan remake drama "Life on Mars" BBC yang sangat populer. Untuk versi Koreanya, OCN telah menggandeng Jung Kyung Ho, Park Sung Woong dan Go Ah Sung. "Life on Mars" versi Korea kabarnya akan mengudara pada musim panas mendatang.

Tak cuma serial TV Amerika Serikat maupun Inggris. Industri drama Korea Selatan juga tak jarang me-remake drama Jepang. Salah satu contohnya adalah drama "Mother" tvN yang baru saja mengakhiri perjalanannya di layar kaca beberapa waktu yang lalu. Selain itu, drama terbaru Suho EXO, yakni "Rich Man Poor Woman" juga merupakan drama remake dari serial Jepang berjudul sama yang telah tayang tahun 2012 silam.

Baca juga ...

Tentu saja ada alasan di balik trend ini. Sebelumnya, KBS, MBC dan SBS merupakan stasiun TV terdepan. Namun, sekarang stasiun TV lainnya, termasuk cable channel, tak mau kalah dari ketiganya, terutama dalam hal drama.

Artinya, kompetisi antara stasiun TV di Korea Selatan semakin gencar karena banyak dan bermacam-macamnya jumlah mereka saat ini. Di tengah kompetisi untuk menyuguhkan konten menarik tersebut, me-remake drama populer dari luar negeri merupakan salah satu pilihan menarik karena popularitas sekaligus kualitasnya sudah terjamin.

Salah seorang sumber dari industri penyiaran mengungkapkan, "Semakin bertambahnya produksi drama, sering muncul komentar yang mengatakan sedikitnya naskah drama saat ini."

"Oleh sebab itu, naskah-naskah yang sudah populer di luar negeri dinilai lebih stabil karena resiko (buruknya rating) lebih kecil. Semua naskah itu dinilai telah diakui kualitasnya oleh publik," lanjutnya. Selain itu, mereka juga menambahkan bahwa drama remake memiliki keuntungan dalam hal publisitas dan menarik perhatian banyak orang di awal penayangannya.

Sayangnya, tak semua drama remake bisa mendulang sukses seperti aslinya. Pasalnya, tidak mudah untuk membuat para fans drama aslinya puas serta tingginya ekpektasi pemirsa. "Entourage" dan "Criminal Minds" disebutkan mendapat rating penonton yang rendah dan menuai banyak kritikan.

Terkait hal ini, pihak industri penyiaran mengungkapkan, "Tidak mudah untuk memproduksi sesuatu yang memuaskan mereka yang belum menonton drama aslinya dan para fans (drama aslinya). Juga sangatlah penting bagaimana kau bisa mengadaptasi drama itu dengan baik agar bisa sesuai dengan budaya serta masyarakat lokal. Pada akhirnya, semua ini adalah tentang memperbaiki kualitas drama."

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel