Baru Dirilis, Inilah Detil Hasil Analisa Lanjutan Terkait Video Kontroversi Wanna One

Foto: Baru Dirilis, Inilah Detil Hasil Analisa Lanjutan Terkait Video Kontroversi Wanna One
WowKeren dan Kanal247


Hasil analisa pertama sempat disangsikan, akhirnya fans melakukan analisa lanjutan dengan bantuan institut ini.

Kanal247.com - Seperti yang diketahui, beberapa waktu yang lalu grup K-Pop Wanna One terlibat kontroversi pada hari comeback mereka, yakni tanggal 19 Maret 2018. Saat itu beberapa member Wanna One dinilai mengucapkan kata-kata tak sopan yang tidak layak diucapkan saat siaran langsung.


Baca juga ...

Beberapa mengatakan bahwa saat itu Ha Sung Woon berkata, "Sebaiknya aku mengumpat sebelumnya" kemudian melanjutkannya dengan kata-kata umpatan. Selanjutnya, ada pula entah Ha Sung Woon atau member lain yang menggunakan kata slang untuk tindakan yang bersifat seksual.

Namun, terjadi perdebatan tentang apakah yang sebenarnya dikatakan oleh para member Wanna One dalam video tersebut. Selain itu, masih belum jelas siapa atau apa yang membuat suara karena kebanyakan suara pada video itu datang dari luar sorotan kamera.

Terkait hal ini, para fans Ha Sung Woon sempat meminta pihak Digital Forensic Laboratory untuk memeriksa video tersebut. Hasil analisa pun telah keluar pada tanggal 22 Maret 2018 yang lalu.

Hasil analisa saat itu menyebutkan bahwa meskipun pada satu titik suara di background cocok dengan suara Ha Sung Woon, tapi sebenarnya dia mengatakan, "Sebaiknya aku melakukannya seperti ini sebelumnya." Selain itu, suara yang sebelumnya diduga umpatan dari Ha Sung Woon pun rupanya adalah suara mesin. Selain itu, suara yang dituding mengucapkan kata slang berbau seksual sebenarnya berbunyi "Jawab aku" dan tidak diucapkan oleh Ha Sung Woon.

Meski demikian, rupanya masih ada beberapa pihak yang mengatakan tak percaya dengan hasil analisa tersebut karena dilakukan oleh perusahaan swasta. Akhirnya, fans Ha Sung Woon pun bersatu meminta agar pihak Sound Engineering Institute di Soongsil University untuk turut menganalisa video tersebut.

Hasil analisa tersebut diungkapkan oleh para fans pada Kamis, 19 April 2018. Hasil analisa menyimpulkan bahwa para member Wanna One tidak mengucapkan kata slang yang berbau seksual pada video tersebut.

Selain itu, pihak institut juga menambahkan bahwa suara Ha Sung Woon tidak cocok dengan suara yang ada pada detik ke-39 hingga 40 pada video (di mana dia dituding berkata 'Sebaiknya aku mengumpat sebelumnya') atau pun suara pada menit ke-1 hingga 1:01 (di mana ucapan kata slang berbau seksual itu terdengar). Mereka menyimpulkan bahwa kata-kata yang diduga diucapkan oleh para member Wanna One itu tidak ditemukan pada video.

Seperti pada hasil analisa sebelumnya, pihak institut juga menyatakan bahwa suara yang diduga merupakan umpatan berkali-kali bukan berasal dari manusia. Akhirnya, mereka menyimpulkan bahwa konten file audio tersebut hanya berisi percakapan akrab biasa yang bertujuan untuk melepas penat dan rasa gugup.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel

Loading...