Prihatin Dua Pelawak Ditahan di Hong Kong, Eko Patrio Sarankan Ini

Foto: Prihatin Dua Pelawak Ditahan di Hong Kong, Eko Patrio Sarankan Ini
WowKeren dan Kanal247


Persatuan Artis Komedian Indonesia (PASKI) tengah mengupayakan agar dua orang pelawak yang ditahan di Hong Kong dapat segera pulang.

Kanal247.com - Baru-baru ini jagat hiburan Tanah Air dihebohkan dengan kabar kurang menyenangkan. Dua orang pelawak bernama Yudo Prasetyo alias Cak Yudo dan Deni Afriandi alias Cak Persil ditahan oleh pemerintah Hong Kong karena dianggap telah melanggar Undang-Undang Imigrasi setempat.


Baca juga ...

Kedatangan Cak Yudo dan Cak Percil bermula saat keduanya diundang mengisi acara yang diselenggarakan oleh komunitas Buruh Migran Indonesia di Hong Kong. Keduanya kemudian ditahan usai pihak otoritas Hong Kong menemukan bukti terkait adanya pelanggaran izin tinggal bagi penyelenggara dan penyalahgunaan visa turis bagi pengisi acara.

Tak ingin menunggu lebih lama lagi, kabar ini langsung mengundang respon dari PASKI (Persatuan Artis Komedian Indonesia). Selebriti Eko Patrio selaku salah satu anggota PASKI menjelaskan, pihak lembaga siap memberikan dukungan moril, terutama bagi keluarga kedua pelawak tersebut.

"Nanti ada yang ke keluarganya. Nanti akan komunikasi dengan keluarganya, saling bagi tugas," ujar Eko Patrio saat ditemui media di Kementerian Luar Negeri, Jumat (9/2) kemarin. "Nanti kami coba agar keluarga bisa berkomunikasi lewat telepon atau bagaimana nantinya."

Lebih dari itu, Eko mengaku prihatin dengan kasus yang membelit rekannya sesama seniman tersebut. Ia lantas menyarankan, agar setelah kasus ini, para seniman yang hendak mengisi acara atau tampil di luar negeri sebaiknya menggunakan visa kerja, bukan visa turis.

"Ini buat pelaku seni semuanya. Kalau tampil di luar negeri jangan mau menggunakan visa turis, tapi harus gunakan visa kerja," imbuhnya. "(Tanyakan) Jaminannya seperti apa, lalu bayar pajaknya harus clear. kalau belum clear, hati-hati akan terjadi seperti ini. Ini pembelajaran banget buat saya, sudah jelas regulasinya. Bukan visa turis, tapi visa kerja."

Di sisi lain, Ketua Umum PASKI Derry Sudarisman bersama sejumlah anggota seperti Cici Tegal, Jarwo Kwat, Narji, dan Ruben Onsu kini tengah mengusahakan agar pemerintah dapat mengupayakan pembebasan Cak Yudo dan Cak Percil melalui Kemenlu. Sejauh ini sambil menunggu kepastian nasib mereka, Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat menyebutkan bahwa kondisi kedua pelawak tersebut di sana baik-baik saja dan sempat menulis surat untuk keluarga. "Mereka juga menuliskan surat kepada keluarga dan akan kami teruskan kepada pihak keluarga," demikian penuturan singkat Tri Tharyat.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...