Heboh Dituding Lecehkan Agama, Joshua dan Ge Pamungkas Dapat Ancaman Persekusi

Foto: Heboh Dituding Lecehkan Agama, Joshua dan Ge Pamungkas Dapat Ancaman Persekusi Instagram
WowKeren dan Kanal247


Meski dilaporkan polisi dan dapat ancaman persekusi, Joshua dan Ge Pamungkas tetap santai.

Kanal247.com - Joshua Suherman dan Ge Pamungkas menuai kontroversi belakangan ini. Keduanya dituding melakukan pelecehan terhadap agama atas salah satu materi stand up comedy yang ditampilkannya beberapa waktu lalu. Bahkan keduanya juga terancam berurusan dengan hukum.


Baca juga ...

Menanggapi respon publik dan juga perkara hukum yang mengintai, Joshua dan Ge Pamungkas tak tinggal diam. Mereka meminta bantuan ke LBH Ansor. Tidak hanya itu, mereka juga mengadukan beberapa ancaman persekusi yang diterima usai video stand up comedy tersebut beredar luas.

"Iya semalam Joshua Suherman, Ge Pamungkas, dan teman-temannya sekaligus minta bantuan LBH GP Ansor untuk mendampingi terkait ancaman-ancaman persekusi, bahkan upaya hukum yang dilakukan FUIB. Pokoknya akan saya dampingi dan hadapi," ujar pengacara Joshua dan Ge Pamungkas, Achmad Budi Prayoga. "Bahkan ada sms-sms mereka yang mengancam."

Meski begitu, Achmad Budi mengatakan jika baik Joshua maupun Ge Pamungkas tidak menjadikan kasus ini sebagai suatu tekanan yang berlebihan. "Ya mungkin Joshua dan Ge Pamungkas teman-temannya santai-santai saja kok, nggak tahu ya, rileks kok mereka, nggak merasa ini... santai mereka," imbuhnya.

Achmad yang juga sebagai Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor ini mengatakan jika materi komedi yang disampaikan Joshua dan Ge Pamungkas sebenarnya tidak menyinggung agama. Mereka hanya membahas nama orang saja.

"Materi komika mereka sama sekali tidak menyinggung suatu ajaran agama. Kalau membahas nama orang, itu biasa dalam komika, ini masalah selera humor," tutur Achmad. "GP Ansor melalui LBH Ansor akan mendampingi Joshua dan Ge, mendampingi seluruh proses mediasi dan proses hukumnya. Silakan, yang bermasalah dengan Joshua, mediasi dan bertemu supaya mereka bisa mengklarifikasi. Selama ini belum bisa ditemui. Kita harus hindari kasus-kasus diarahkan ke sentimen SARA, kita harus hindari."

Sementara itu, kasus yang menimpa Joshua dan Ge Pamungkas tersebut juga menjadi perhatian Muhadkly Acho atau yang akrab disapa Acho. Menurut komika 34 tahun ini, inti dari materi yang disampaikan oleh kedua rekannya tersebut bukan masalah agama.

"Kita perform di acara itu. Jadi kita tahu persis utuh materinya seperti apa. Jadi kita yakin tidak ada unsur melecehkan, mendeskreditkan ayat atau apapun, enggak. Karena yang dikritik orang-orang yang tidak aku memperbaiki dirinya tapi bersandar kepada ayat-ayat itu," kata Acho. "Kayak misalnya 'kenapa kamu enggak nyari kerja. Ya sudah kan rezeki dari Allah,' itu kan enggak bisa. Memang rezeki dari Allah enggak salah tapi kita kan tetap harus cari kerja. Poinnya Ge itu. Cuma Ge pakai studi kasusnya banjir. Kalau bisa banjir kan karena buang sampah atau segala macam. Jangan cuma bisa bilang ini karena lagi diuji dari Tuhan. Poin itu yang ingin disampaikan."

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel

Loading...