Ello Hingga Tio Pakusadewo, Ini 10 Selebritis yang Terjerat Narkoba di 2017

Foto: Ello Hingga Tio Pakusadewo, Ini 10 Selebritis yang Terjerat Narkoba di 2017 Instagram
WowKeren dan Kanal247


Stress hingga usaha menurunkan berat badan, para selebritis ini mempunyai banyak alasan menggunakan narkoba.

Kanal247.com - Narkoba merupakan salah satu masalah berat yang dihadapi Indonesia. Tidak hanya orang awam, selebritis juga menjadi golongan yang paling rentan dalam hal penyalahgunaan narkoba.

Baca juga ...

Kehidupan yang glamour dan tuntutan pekerjaan, termasuk harus selalu menjaga citra positif di hadapan publik membuat selebritis mudah tertekan. Terkadang narkoba bisa jadi merupakan pelarian yang dianggap paling efektif.


Setiap tahunnya, sederet selebritis harus berurusan dengan hukum atas perkara penyalahgunaan narkoba. Tahun ini juga tak luput begitu saja. Sejumlah aktor dan penyanyi terkenal tiba-tiba mengejutkan publik lantaran ditangkap atas kasus narkoba. Berikut ini beberapa nama selebritis Tanah Air yang terjerat kasus narkoba pada 2017:

1. Andika The Titans

Andika The Titans Instagram

Daftar selebritis yang terjerat kasus narkoba pada 2017 ini dibuka dengan nama Andika Naliputra atau yang akrab disapa Andika The Titans. Musisi ini ditangkap satuan narkoba Polrestabes Bandung atas kepemilikan narkoba jenis tembakau gorila.

Musisi yang sempat menjadi anggota band Peterpan ini kemudian dinyatakan bersalah atas penyalahgunaan narkoba. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntutnya dengan hukuman satu tahun penjara. Meski begitu, majelis hakim akhirnya menjatuhkan vonis delapan bulan penjara saja.

2. Ridho Rhoma

Ridho Rhoma Instagram

Selebriti berikutnya yang dikabarkan terjerat kasus narkoba di awal 2017, tak lain adalah Ridho Rhoma. Putra Raja Dangdut Rhoma Irama ini ditangkap oleh pihak kepolisian di sebuah hotel di Jakarta Barat pada Maret lalu. Dari hasil penggeledehan, petugas berhasil mengantongi barang bukti shabu seberat 0,7 gram.

Pihak keluarga sempat membela jika Ridho Rhoma menggunakan narkoba sebagai upaya menurunkan berat badannya. Baru-baru ini, penyanyi dangdut tersebut akhirnya divonis dengan hukuma penjara 10 bulan. Rhoma Irama yang ikut hadir saat itu sempat menitikkan air mata ketika mendengar putranya harus mendekam di penjara sekian selama berbulan-bulan.

3. Iwa K

Iwa K Instagram

Nama Iwa K menjadi sorotan di awal 2017 ini. Salah satu rapper terkenal Indonesia ini ditangkap pada April lalu di terminal Soekarno Hatta. Ia terbukti membawa tiga linting ganja seberat 1,485 gram.

Majelis hakim kemudian menjatuhkan vonis hukuman selama enam bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Cibubur Jakarta Timur. Setelah menyelesaikan masa rehabilitasinya, pemilik nama lengkap Iwa Kusuma itu kini sudah bebas.

4. Pretty Asmara

Pretty Asmara Instagram

Lama tak terdengar kabarnya, Pretty Asmara mengejutkan publik di pertengahan tahun 2017. Pada Juli lalu, ia ditangkap bersama rekannya dalam sebuah pesta narkoba di Kemayoran. Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa shabu dengan berat 2,03 gram, ekstasi 23 butir dan narkoba jenis happy five sebanyak 38 butir.

Hingga kini proses peradilan Pretty Asmara masih bergulir di Kejaksaan. Artis yang terkenal di tahun 2000-an itu diduga sudah bertahun-tahun menjadi pengedar di kalangan selebritis. Pretty terancam hukuman penjara lima tahun sampai 20 tahun.

5. Ammar Zoni

Ammar Zoni Instagram

Bintang muda Ammar Zoni mencuri perhatian publik ketika didapuk untuk membintangi sinetron populer "Anak Langit". Namun ia justru mengejutkan publik ketika ditangkap oleh Satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat di kediamannya di Depok, Jawa Barat pada Juli lalu. Dari penggeledahan, ditemukan satu toples berisi daun ganja kering dengan berat bruto 39,1 gram.

Majelis Hakim kemudian memutuskan Ammar Zoni dihukum 1 tahun dengan masa rehabilitasi selama 5 bulan. Beberapa waktu lalu ia sudah kedapatan beraktifitas di luar dan tidak perlu berada dikurung di tempat rehabilitasi lagi.

6. Axel Matthew Thomas

Axel Matthew Thomas Instagram

Nama Axel Matthew Thomas menjadi sorotan publik pada pertengahan tahun 2017 lalu. Putra Jeremy Thomas ini ditangkap di Hotel Crystal, Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (15/7). Cowok tampan itu disebut-sebut memesan narkotika jenis Happy Five dan telah melakukan transfer uang sejumlah Rp 1,5 juta.

Sempat terjadi polemik dan tudingan pemukulan oleh polisi lantaran Axel diduga melakukan perlawanan ketika akan ditangkap. Majelis Hakim diketahui telah menjatuhkan hukuman 4 bulan penjara. Kini ia telah bebas dan bisa beraktifitas seperti semula.

7. Ello

Ello Instagram

Nama Ello mendambah daftar panjang selebritis Indonesia yang terjerat kasus narkoba. Penyanyi bersuara merdu itu ditangkap polisi pada bulan Agustus lalu. Polisi menemukan barang bukti berupa ganja yang beratnya tidak lebih dari 5 gram.

Pengacara Ello mengatakan jika kliennya menggunakan narkoba lantaran banyak pikiran dan tertekan setelah ibunya, Diana Nasution meninggal dunia. Saat ini pemilik nama lengkap Marcello Tahitoe ini sedang menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat di Cibubur.

8. Rio Reifan

Rio Reifan Instagram

Aktor Rio Reifan menjadi salah satu nama dalam daftar selebritis yang terjerat narkoba di tahun 2017. Ia ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi Kota pada bulan Agustus.

Petugas berhasil menyita satu klip plastik diduga sabu-sabu dan alat hisap berupa bong serta cangklong dari tangan Rio. Akibat perbuatannya tersebut Rio dijerat Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun.

9. Tora Sudiro

Tora Sudiro Instagram

Tora Sudiro menarik perhatian publik pada bulan Agustus lalu. Bukan karena film yang dibintanginya, aktor populer ini muncul dengan kabar mengejutkan ketika ia ditetapkan sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba. Ia dan istrinya, Mieke Amalia terbukti memiliki psikotropika jenis dumolid sebanyak 30 butir.

Tora sempat berada sepekan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Sebelumnya sempat terungkap jika aktor 44 tahun ini menggunakan Dumolid untuk mengatasi susah tidur dan juga mengatasi sindrom Tourette yang dialaminya. Penahanan Tora sendiri sudah ditangguhkan dan ia bisa kembali bekerja.

10. Tio Pakusadewo

Tio Pakusadewo Instagram

Menjelang akhir tahun 2017, publik dikejutkan oleh kabar penangkapan Tio Pakusadewo. Aktor senior ini kembali terjerat kasus narkoba dan diciduk di kediamannya pada 19 Desember 2017. Dari hasil penggeledehan, petugas menyita barang bukti berupa tiga klip shabu dan alat penghisap sabu. Axel Matthew Thomas.

Belakangan terungkap jika Tio telah menjadi pecandu selama 15 tahun. Meski begitu ia sempat berhenti satu tahun. Dalam pengakuannya beberapa waktu lalu, ia mengaku sangat menyesal dan mengimbau agar tidak ada yang mengikuti jejaknya.

Komentar Anda

Tags

Topik Berita

Rekomendasi Artikel

Loading...