SBY Hadiri Upacara HUT RI di Istana, Pertama Kalinya di Era Kepemimpinan Jokowi

Foto: SBY Hadiri Upacara HUT RI di Istana, Pertama Kalinya di Era Kepemimpinan Jokowi
WowKeren dan Kanal247


Kehadiran mantan presiden SBY di Upacara Peringatan HUT RI di Istana Negara sekaligus untuk membantah isu kerenggangan antara Istana dan Cikeas.

Kanal247.com - Upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 akan digelar di Istana Negara, Kamis (17/8). Acara tahunan tersebut akan dihadiri oleh para undangan yang terdiri dari sejumlah pejabat hingga masyarakat lainnya.


Baca juga ...

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga menerima undangan untuk hadir dalam upacara di Istana. Hal tersebut tentunya membuat masyarakat penasaran apakah Ketua Umum Partai Demokrat itu akan hadir. Pasalnya pada upacara di tahun sebelumnya, ia diketahui tidak hadir.

Namun, SBY dipastikan akan hadir dalam upacara tersebut. Hal itu juga dibenarkan oleh Ketua Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imelda Sari. "Presiden RI ke-6 SBY dan Ibu Ani Yudhoyono akan hadir pada upacara peringatan Detik Detik Proklamasi di Istana Merdeka besok," ujar Imelda dilansir dari Detik.

Imelda mengatakan, sebenarnya upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI juga digelar di Cikeas. Namun SBY dan ibu Ani lebih memilih untuk mengikuti yang di Istana Negara. Sedangkan upacara di Cikeas akan dipimpin oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. "Tetap datang dong. Akan hadir usai dari Istana. Upacara di Cikeas dipimpin Sekjen PD," terangnya.

Kedatangan SBY tersebut tak pelak membuat sejumlah kalangan merasa terkejut. Pasalnya seperti diketahui, SBY sebelumnya tidak pernah hadir setelah tak lagi menjabat sebagai Presiden. Hal ini sekaligus menandai kehadiran pertamanya di upacara peringatan HUT RI di Istana Negara pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Banyak yang beranggapan keputusan SBY itu sekaligus untuk membantah isu adanya kerenggangan antara SBY dan Jokowi.

Sementara itu, SBY sebelumnya banyak dibicarakan lantaran tidak datang pada Sidang Tahunan MPR 2017 yang digelar Rabu (16/8). Sedangkan mantan presiden lain seperti Megawati dan BJ Habibie tampak hadir. Mantan Wakil Presiden, Try Sutrisno bahkan juga datang.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo mengatakan jika SBY berhalangan hadir lantaran mempersiapkan tur kemerdekaan di beberapa provinsi. "Beliau mau ada acara tur kemerdekaan di Jateng, Jatim, Yogya. Nanti kita akan rapat nanti sore, untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-72. Besok juga nggak bisa datang di upacara kemerdekaan di Istana ya karena ada tur kemerdekaan," jelasnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel

Loading...