Tersudut Karena Berita Peminjaman Mobil, Inilah Reaksi SBY

Foto: Tersudut Karena Berita Peminjaman Mobil, Inilah Reaksi SBY
WowKeren dan Kanal247


Begini reaksi SBY ketika Beliau tersudut oleh pemberitaan tentang peminjaman mobil negara.

Kanal247.com - Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, presiden keenam Indonesia membantah telah meminjam mobil dinas kepresidenan negara. Sebelumnya, informasi tentang peminjaman mobil dinas kepresidenan oleh SBY ini pertama kali disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala. Djumala mengungkapkan bahwa saat serah terima pemerintahan dari Presiden SBY ke Presiden Jokowi 2014 lalu, SBY meminjam mobil anti peluru itu.


Baca juga ...

"Pihak Beliau menyatakan masih membutuhkan mobil itu. Maka itu statusnya dipinjamkan oleh negara," ungkap Djumala dilansir dari Kompas pada Selasa, 21 Maret 2017.

SBY mengatakan bahwa mobil dinas Mercedes Benz S-600 itu diserahkan kepadanya setelah masa jabatan sebagai presiden berakhir. Menurutnya, hal ini sudah sesuai Pasal 8 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, bahwa Mantan Presiden dan Wakil Presiden disediakan sebuah kendaraan milik negara beserta pengemudinya.

"Dasar hukumnya sangat jelas. Karenanya, ketika setelah 20 Oktober 2014 dulu, mobil yang telah 7 tahun saya gunakan itu diantar dan diserahkan ke rumah saya, saya nilai tidak salah," kata SBY.

SBY juga mengaku bahwa mobil tersebut jarang digunakan karena mudah mengalami gangguan. "Waktu itu baru saya gunakan sekitar 20 menit langsung rusak. Mobil tersebut kini berusia 10 tahun dan mudah sekali mengalami gangguan," ucap SBY.

Berencana akan kembalikan mobil tersebut ke negara, SBY sudah memberitahu staf dan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). SBY juga mengatakan bahwa dua hari yang lalu Komandan Group D Paspampres sedang mengurus proses pengembalian mobil tersebur. Namun hal ini terhambat karena masih dalam rangkaian perbaikan. "Tidak mungkin saya kembalikan mobil tersebut dalam keadaan rusak," kata SBY.

SBY mengungkapkan bahwa beliau sangat menyayangkan pemberitaan media yang menyudutkannya terkait dengan mobil tersebut. "Saya sedih, justru dengan niat baik itu, hari ini pemberitaan media sangat menyudutkan saya, seolah saya bawa mobil yang bukan hak saya," ungkapnya.

Komentar Anda

Tags

Rekomendasi Artikel