Ucapan Soal ‘Miskin Karena Kurang Ibadah’ Dikritik Gus Sahal, Begini Reaksi Ustaz Yusuf Mansur

17 Apr 2021 20:00 Penulis : Eny Kartini

Ustaz Yusuf Mansur jawab begini perihal kritikan yang dilayangkan oleh Gus Sahal terkait pernyataannya soal miskin karena kurang ibadah yang dianggap keliru.

Nama ustaz Yusuf Mansur mendadak ramai menjadi perbincangan. Rupanya hal itu lantaran ucapannya yang dinilai keliru. Ucapan ustaz Yusuf Mansur soal orang miskin itu lantaran kurang ibadah yang rupanya dianggap keliru oleh banyak pihak.

“Ustaz kondang Yusuf Mansyur baru saja bilang di Metro TV, ‘Mohon maaf nih, kalau Anda miskin, coba cek, pasti Anda kurang ibadah’. Kasian banget kaum miskin di negara ini ya, sudah ditindah struktur disalahkan ustaz Yusuf Mansur,” tulis salah seorang pengguna Twitter.

Cuitan itu rupanya mendapatkan respons dari Gus Sahal. Bahkan Gus Sahal secara terang-terangan menyebut pernyataan ustaz Yusuf Mansur itu keliru.

“Pdhl Nabi pernah berdoa: Ya Allah hidupkan dan matikan aku dlm keadaan miskin. Dan kumpulkan diriku (di hari kiamat) bersama orang2 miskin. Banyak ulama mengartikan ‘miskin’ di sini sbg humble, tawadhu’, rendah hati. Ust YM jelas keliru. Miskin gak lantas kurang ibadah,” tulisnya.

  Rekomendasi artikel

Ustaz Yusuf Mansur rupanya langsung menanggapi kritikan tersebut. Ia mengaku menerima jika ucapannya keliru. Bahkan ia mengaku siap belajar dari para netizen.

“Jangan segan kasih tahu kalau saya salah siap salah. Siap memperbaiki kalimat juga ucapan. Saya siap juga mendengar. Sekali lagi, siap juga denger. Termasuk siap juga belajar dari kawan-kawan netizen. Bismillah. Walhamdulillah,” tulis ustaz Yusuf Mansur.

“Mau salah kutip apa enggak juga. Saya selalu siap salah juga belajar. Mungkin juga itu ucapan di Metro TV saat mengajar. Pokoknya terus belajar. Gak ada ruginya juga,” lanjutnya menambahkan.

Netter rupanya mengaku salut dengan ustaz Yusuf Mansur yang mau menerima jika ucapannya dianggap keliru. Bahkan banyak pihak mengaku memaklumi kesalahan ustaz Yusuf Mansur.

Namun di sisi lain, beberapa netter rupanya kontra. Mereka bahkan ikut melayangkan kritikan tajam pada ustaz Yusuf Mansur lantaran dianggap menyinggung orang miskin.

Tampil di 'Spring Camp', Ahn Jae Hyun Sedih Curhat ke Kyuhyun dan P.O Soal Kesulitannya
V-Kim Ji Won Cs Beri Selamat di Anniversary ke-10, Park Seo Joon Akui Malu Dijuluki Romcom Master
Usai IZ*ONE Bubar, Miyawaki Sakura Akhirnya Wisuda Dari HKT48 Atas Kemauan Sendiri
Makin Tua Makin Gemesin, Song Joong Ki Pamer Visual Memikat di Pemotretan Bareng GQ Korea
Kim So Yeon Ungkap Prediksinya untuk 'The Penthouse 3' dan Bantah Teori Soal Ibu Kandung Eun Byul
Buang Imej Pelakor, Han So Hee Bikin Gemes Pamer Kemesraan Bareng Song Kang di 'Nevertheless'
Jadi Drama TV Kabel Paling Banyak Ditonton, 'Bossam: Steal the Fate' Tuai Sorotan
2 Member Brave Girls Yujeong dan Yuna Sukses Kalahkan Jennie di Reputasi Brand Girlband